Senin, 10 September 2018 11:46 WITA

Ratusan Koin Emas Romawi Kuno Ditemukan di Italia

Editor: Suriawati
Ratusan Koin Emas Romawi Kuno Ditemukan di Italia
Twitter

RAKYATKU.COM - Ratusan koin emas yang berasal dari era kekaisaran Romawi ditemukan dalam kendi di ruang bawah tanah Teater Cressoni di Como, Italia.

Menurut Agence France-Presse, beberapa koin diduga diproduksi pada abad ke-5. 

Menteri Kebudayaan Alberto Bonisoli menyebut koin itu sebagai "penemuan yang membuat saya bangga."

"Kami belum tahu secara rinci makna historis dan budaya dari penemuan ini, tapi daerah ini adalah harta nyata bagi arkeologi kita," katanya dalam sebuah posting Facebook.

Kementerian kebudayaan telah membagikan foto--foto koin itu di Twitter, yang terlihat berkilauan melalui celah guci kuno.

Koin-koin itu ditemukan pekan lalu, dan telah dipindahkan ke laboratorium restorasi Mibac di Milan, di mana para arkeolog dan restorator akan memeriksa mereka.

Loading...

Saat ini pemerintah tidak mengungkapkan nilai koin-koin itu, tapi media Italia memprediksi bahwa itu bisa bernilai jutaan dolar.

Teater Cressoni yang bersejarah, dibuka pada tahun 1807 sebelum bertransisi menjadi bioskop dan akhirnya ditutup pada tahun 1997.

Situs ini tidak jauh dari kawasan forum Novum Comum, di mana artefak Romawi penting lainnya ditemukan.

Temuan ini adalah salah satu dari beberapa penemuan koin-koin Romawi dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2016, para arkeolog menemukan koin emas Roma berusia 2.000 tahun yang langka di Yerusalem.

Koin itu menampilkan wajah Nero, kaisar Romawi yang terkenal dan kemungkinan dibuat pada 56-57 SM. Itu ditemukan di Gunung Zion, sebelah selatan Kota Tua Yerusalem.

Pada tahun yang sama, tim arkeolog menemukan 10 koin Romawi dan Ottoman kuno dari reruntuhan puri di Okinawa, Jepang.

Loading...
Loading...