Minggu, 09 September 2018 02:00 WITA

Peduli Kampung, Pemuda di Pangkep Dirikan Gembok

Penulis: Saiful Mujib
Editor: Adil Patawai Anar
Peduli Kampung, Pemuda di Pangkep Dirikan Gembok

RAKYATU.COM - Sekolompok pemuda di Kampung Bonto'tene, Kelurahan Minasatene, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep, membentuk komunitas pemuda, yang diberi nama Generasi Muda Bonto'tene Kreatif (GEMBOK). Komunitas ini bertujuan menghidupkan dan membangun kampung. 

Sebagaimana disampaikan Kaharuddin, selaku Ketua Gembok terpilih, pada pemilihan yang dilakukan, Sabtu (8/9) malam  di Pangkep. Menurutnya banyak potensi yang dapat digali dari banyaknya pemuda dikampung. Hanya saja masih sedikit wadah berkreasi, berdiskusi, dan berbuat hal-hal yang lebih positif. 

"Berangkat dari situ, maka kita sepakat untuk membuat komunitas pemuda ini," ujar Kaharuddin, Sabtu (8/9/2018).

Disampaikan Kaharuddin, banyak pemuda hanya mengisi hari-hari dengan monoton, mendorong kecenderungan pada sikap individualis. Kebiasaan yang cenderung menutup potensi untuk melakukan kegiatan positif, berbuat dan membangun kampung mereka.

loading...

Lanjut Kaharuddin, Gembok sendiri nantinya memiliki program kerja strategis untuk mendorong tujuan yang diharapkan bersama. Diantaranya pendirian bank sampah, pagelaran festival seni, membentuk kelompok usaha sablon, kegiatan keagamaan, donasi untuk masyarakat kurang mampu, dan lain sebagainya.

"Untuk agenda pertama, besok Minggu (red), kita akan gelar kerja bakti, berupa bersih lingkungan di sepanjang jalan Nangka dan Jalan Ketimun, di lingkup Kelurahan Bontotene," ungkapnya.

Dijelaskan Kaharuddin, Gembok ini sebisa mungkin akan diarahkan sebagai lembaga organisasi yang netral, independen dan bebas dari kepentingan politik manapun ataupun berafiliasi dengan Parpol tertentu.

Loading...
Loading...