Jumat, 07 September 2018 11:08 WITA

Gowa Segera Miliki Bank Sampah, Satu Dusun Satu Motor Gandeng

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Abu Asyraf
Gowa Segera Miliki Bank Sampah, Satu Dusun Satu Motor Gandeng
Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis.

RAKYATKU.COM,GOWA - Pemerintah Kabupaten Gowa akan mengelola bank sampah dengan bekerja sama berbagai pihak dalam membentuk layanan bank sampah. Salah satunya Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes yang ada di setiap kelurahan. 

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa Muchlis mengungkapkan, penanganan dan pengelolaan sampah di Kabupaten Gowa dapat dilakukan dengan baik sesuai target nasional. Itu secara otomatis akan mewujudkan daerah yang lebih hijau, asri, dan nyaman bagi masyarakatnya. 

"Jika kota atau daerah kita bersih dari sampah, maka pastinya bukan hanya kita dapat meraih Adipura, tetapi juga mendorong peningkatan wisatawan ke Gowa. Itu akan memacu pertumbuhan ekonomi daerah," ujar Muchlis, Jumat (7/9/2018). 

Menurut Muchlis, untuk mencapai target ini, semua unsur harus bergerak dengan cepat dan serius. Bahkan ini bisa disinergikan dengan program Kota Tanpa Kumuh (KotaKu) yang telah digalakkan di Kecamatan Somba Opu. 

"Makanya kami harapkan tim penyusun yang mengikuti Bimtek ini dapat menyusun kebijakan yang strategis dalam penanganan dan pengelola sampah rumah tangga dan sejenisnya," harap Muchlis. 

Loading...

Muchlis mengimbau kepada seluruh camat dan kepala desa untuk mengadakan satu motor gandeng bagi setiap desa. Lebih aman lagi, satu dusun satu motor gandeng. 

"Dengan begitu seluruh sampah-sampah rumah tangga akan terpilah-pilah. Semua yang tidak bisa terurai, yang plastik, naik di motor gandeng, bawa ke bank sampah di desa. Setelah di desa kemudian dibawa lagi ke bank sampah kabupaten," terang Muchlis.

Dengan begitu ada dana yang masuk di kas desa hanya karena meminta warga memilah sampahnya. Program ini juga menurut Muchlis dapat mengubah pola hidup masyarakat yang selalu membuang sampah sembarangan.

Loading...
Loading...