Jumat, 07 September 2018 10:15 WITA

Gara-Gara Status Jony Boyok, Ustaz Abdul Somad Ditunggu Polisi di Pekanbaru 

Editor: Abu Asyraf
Gara-Gara Status Jony Boyok, Ustaz Abdul Somad Ditunggu Polisi di Pekanbaru 
Status Jony Boyok yang menghina Ustaz Abdul Somad.

RAKYATKU.COM - Penyidik Polda Riau tengah menunggu kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) dari Sulawesi. Dai kondang itu akan dimintai keterangan terkait penghinaan yang dilakukan pemilik akun Facebook, Jony Boyok.

Ketua Lembaga Bantuan Hukum Lembaga Adat Melayu Riau (LBH-LAM) Riau, Zulkarnain Noerdin mengatakan, UAS saat ini belum memberikan keterangan keada polisi karena sedang berada di Sulawesi.

"Kemarin Polda Riau akan meminta keterangan UAS, namun karena posisinya lagi di luar Riau, sehingga belum bisa. Ini hanya soal waktu saja, nanti kalau UAS sudah di Pekanbaru akan memberikan keterangan ke penyidik," kata Zul seperti dikutip dari Detikcom, Jumat (7/9/2018).

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto membenarkan bahwa tim kuasa hukum UAS telah melaporkan Jony Boyok.

"Dalam kasus ini kita akan panggil saksi-saksi dululah. Status JB saat ini tidak ditahan, tetapi mengamankan diri di kantor Krimsus," kata Sunarto.

Sebelumnya, Ustaz Abdul Somad Batubara (UAS) melalui kuasa hukumnya melaporkan pemilik akun Facebook (FB) Jony Boyok ke Polda Riau. UAS menilai status Jony telah menghina dirinya. 

Pelaku penghina UAS telah diserahkan Front Pembela Islam (FPI) kepada polisi pada Rabu malam (5/9/2018). Namun karena belum ada yang melapor, sehingga Jony belum diproses.

"Kemarin (6/8) kita sudah melaporkan JB ke Polda Riau untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku," kata Zul.

Jony sudah menyampaikan permohonan maaf secara langsung melalui telepon kepada Ustaz Abdul Somad. UAS pun telah memberikan maaf atas tindakan yang menghina di FB-nya. 

"Namun, kita tetap meneruskan ke proses hukum guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Zul.