Jumat, 07 September 2018 06:00 WITA

Tiongkok Kembangkan Robot Mikro ini Pembunuh Kanker 

Editor: Eka Nugraha
Tiongkok Kembangkan Robot Mikro ini Pembunuh Kanker 
Ilustrasi

RAKYATKU.COM -- Sejumlah peneliti asal Tiongkok mulai mengembangkan sebuah robot mikro untuk tujuan kesehatan. Robot-robot berukuran super kecil ini disebut bisa menjadi solusi baru untuk penanganan medis seseorang. 

Peneliti merancang proses gerakan robot-robot ini yang dikendalikan dari sebuah perangkat Software. Dalam tubuh manusia, robot kecil ini bisa menyatu dan bersama-sama melakukan gerakan terpadu untuk penanganan medis. Robot ini bahkan bisa membunuh kanker yang tumbuh dalam tubuh manusia. 

Teknologi nanorobotik ini sedang dikembangkan di Chinese University of Hong Kong. Para peneliti menyebut, perilaku kawanan robot skala kecil bisa membuat kemungkinan perubahan morfologi terkendali. 

"Microswarm baru ini memberikan solusi yang menjanjikan untuk aplikasi industri seperti microfabrication dan micromanipulation," kata pemimpin tim dan profesor CUHK, Li Zhang seperti dilansir Geek.com. 

Loading...

Tidak hanya bisa melakukan gerakan bersama, robot kecil ini akan didesain bisa menjadi pengangkut obat di dalam tubuh. Robot ini bahkan bisa mematikan sel-sel dalam tubuh yang terindikasi sakit dan membusuk. 

Zhang menyebut, penciptaan robot-robot ini terinspirasi dari perilaku hewan-hewan kecil, seperti semut. Dalam kehidupan sehari-hari, semut kadang mengaitkan tubuh mereka bersama untuk melintasi medan yang sulit. Begitupun dengan ikan yang berenang di kelompok sosial untuk meningkatkan kesuksesan mencari makan. 

"Segerombolan robot kecil yang dilengkapi dengan nanopartikel magnetik yang disetel ke bidang tertentu akan dapat bekerja sama untuk menyelesaikan tugas," kata dia.

Loading...
Loading...