Selasa, 04 September 2018 09:47 WITA

Tugu Peninggalan Sejarah di Fort Rotterdam Akan Dibongkar Pihak Swasta

Penulis: Azwar Basir
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tugu Peninggalan Sejarah di Fort Rotterdam Akan Dibongkar Pihak Swasta
Ist.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebuah tugu peninggalan sejarah yang sudah berumur 60 tahun di depan Fort Rotterdam, Jalan Ujung Pandang, Bulo Gading  Ujung Pandang, Kota Makassar rencananya akan dibongkar oleh pihak swasta. 

Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono pun membenarkan hal tersebut. Ia pun menegaskan bahwa peninggalan sejarah tersebut tidak boleh dibongkar apalagi oleh pihak swasta. 

"Saya dengar tugu pahlawan tersebut akan dibongkar oleh pihak swasta, itu tidak boleh terjadi karena tugu itu merupakan peninggalan sejarah," tegas Soni Sumarsono, Selasa (4/9/2018).

Soni Sumarsono pun mengaku sudah pernah melihat tugu itu saat melintas di daerah tersebut. Bahkan ia sudah mengumpulkan seluruh SKPD untuk mencari tau background tugu pahlawan tersebut. 

"Ternyata tugu itu sudah berumur 60 tahun dan dulu di sekitar kawasan tugu itu dijadikan tempat kumpul masyarakat atau menyelenggarakan peringatan hari besar tertentu," ungkapnya.

Loading...

Soni Sumarsono pun meminta seluruh pihak, khususnya SKPD yang menangani tentang peninggalan sejarah untuk menjaga dengan baik tugu tersebut agar tugu tersebut tidak dibongkar. 

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini menyebutkan. cagar seperti ini juga harus dikelola oleh UPTD budaya di bawah naungan Disbudpar Sulsel. Katanya, keprihatinan sama dengan Benteng Somba Opu, dimana bangunan bersejarah tersebut tidak dikelola oleh UPTD.

"Ini namanya pelan-pelan membiarkan sejarah terkubur, membiarkan generasi muda ini terputus dari jati dirinya sebagai warga bangsa. Maka UPTD harus ada. Saya bilang, kalau perlu dua UPTD yang ada di Rinra (Triple C), dilebur, satunya untuk UPTD di sana, saya lagi minta rapat mengenai itu," tutupnya.

Loading...
Loading...