Minggu, 02 September 2018 17:46 WITA

Bagaimana Perubahan Iklim Mempengaruhi Serangga dan Tanaman

Editor: Suriawati
Bagaimana Perubahan Iklim Mempengaruhi Serangga dan Tanaman
Getty Images

RAKYATKU.COM - Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Science menunjukkan bahwa ketika dunia memanas akibat perubahan iklim, maka semakin banyak serangga yang akan mengisi dunia. 

Itu mungkin terdengar tidak teralu berbahaya, padahal efeknya bisa sangat mempengaruhi pertanian dan persediaan makanan manusia di seluruh dunia. 

Dalam penelitiannya, periset meneliti bagaimana serangga mempengaruhi tiga tanaman yang paling penting, yaitu padi, jagung, dan gandum. 

Hasilnya, mereka menemukan bahwa setiap peningkatan suhu global, serangga dapat menyebabkan kerugian sebesar 10 hingga 25 persen. Kenaikan suhu 2 derajat Celcius dapat menyebabkan kehilangan 213 juta ton tanaman.

"Ketika suhu meningkat, metabolisme serangga meningkat sehingga mereka harus makan lebih banyak," kata rekan penulis peneliti, Steve Merrill dalam sebuah pernyataan. 
Namun, cara panas mempengaruhi tanaman dan serangga akan bervariasi. Misalnya, gandum tumbuh dengan baik dalam suhu yang lebih dingin. Jadi jika suhu naik, pertumbuhan gandum akan bermasalah dan serangan serangga lebih tinggi. 

Namun demikian, dampak pada jagung tidak akan sama, karena tanaman tersebut tumbuh dengan baik di lingkungan yang berbeda. 

Loading...

Penelitian itu memperkirakan bahwa padi, jagung, dan gandum menyumbang 42 persen dari kalori yang dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh dunia.

Dan jika ada kekurangan stok, maka saat itulah konflik dan kelaparan menjadi perhatian, terutama di negara-negara yang sudah memiliki tingkat kerawanan pangan tinggi. 

Ada beberapa cara untuk mencegah kerugian dalam pertanian, tapi itu membutuhkan uang. Misalnya, negara-negara kaya bisa merekayasa lebih banyak pestisida atau tanaman yang tahan hama.

Rob Dunn, seorang ahli ekologi yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan bahwa solusi jangka panjang yang sesungguhnya adalah keanekaragaman hayati. Yang berarti bahwa kita perlu memperluas jumlah tanaman yang kita andalkan.

Loading...
Loading...