Minggu, 02 September 2018 13:57 WITA

Arab Saudi Berencana Mengubah Qatar jadi Sebuah Pulau

Editor: Suriawati
Arab Saudi Berencana Mengubah Qatar jadi Sebuah Pulau
Perbatasan Qatar dan Arab Saudi (Getty Images)

RAKYATKU.COM - Arab Saudi dilaporkan telah menjalankan rencana untuk menggali sebuah kanal di perbatasan Qatar. Secara fisik, itu akan memisahkan semenanjung Qatar dari daratan Saudi, dan mengubah negara kecil itu menjadi sebuah pulau.

Rencana itu diumumkan secara samar-samar oleh seorang penjabat Saudi melalui Twitter pada hari Jumat.

"Saya tidak sabar menunggu rincian tentang pelaksanaan proyek pulau Salwa, proyek bersejarah yang besar yang akan mengubah geografi kawasan itu," kata Saud al-Qahtani, penasihat senior Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Rencana untuk membangun kanal sepanjang 60km dan lebar 200 meter yang membentang di perbatasan Arab Saudi dengan Qatar mulai terkuak pada bulan April.

Proyek itu  akan menelan biaya hingga 2,8 miliar riyal (Rp11 miliar) tersebut, dan rencananya akan menjadi fasilitas pembuangan limbah nuklir.

Loading...

Lima perusahaan telah diundang untuk mengajukan proposal proyek tersebut, dan pemenangnya akan diumumkan pada bulan September.

Rencana ini adalah 'hukuman' terbaru dalam perselisihan negara teluk yang telah berlangsung selama 14 bulan.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangan dengan Qatar pada Juni 2017. Mereka menuduh negara itu mendukung terorisme, namun tuduhan itu disanggah Doha.

Kuwait dan AS telah berupaya melakukan mediasi, namun mereka gagal menyelesaikan perselisihan.

Tags
Loading...
Loading...