Sabtu, 01 September 2018 11:42 WITA

Disdik Makassar Anggarkan Rp19 M untuk Toilet Sekolah

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Aswad Syam
Disdik Makassar Anggarkan Rp19 M untuk Toilet Sekolah
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan Disdik Makassar, Linda Deryani

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, berencana mengucurkan dana sebesar Rp19 miliar, untuk pembangunan smart toilet di beberapa sekolah, yang tersebar di 15 kecamatan di Kota Makassar.

Dana tersebut, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pokok Pemerintah Kota Makassar, Tahun Anggaran 2018.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan Disdik Makassar, Linda Deryani mengatakan, pembangunan smart toilet di sekolah, bertujuan memberikan edukasi pola hidup sehat kepada seluruh siswa, baik SD maupun SMP. Khususnya menyangkut pengetahuan tentang kebersihan toilet.

"Program pembangunan smart toilet ini, sebenarnya lebih kepada perilaku siswa. Bagaimana kita dapat mengedukasi siswa bahwa toilet itu harus kering dan bersih," kata Linda.

Loading...

Smart toilet itu, lanjut Linda, nantinya akan menggunakan septic tank biotech, yang sudah memiliki sistem ramah lingkungan. Sehingga, limbah hasil pengolahannya dapat menjadi bahan yang tidak berbahaya dan aman dibuang di saluran umum kota.

Sekolah yang akan menjadi lokasi pembangunan sarana dan prasarana smart toilet, harus memenuhi beberapa persyaratan. Di antaranya, memiliki ketersediaan lahan dan jumlah siswa, serta melihat faktor kebutuhan akan ketersediaan toilet di sekolah tersebut.

"Syaratnya, tentu harus ada lahan. Kemudian apakah kebutuhan toiletnya mendesak. Dalam artian sekolah itu kekurangan toilet. Pembangunan smart toilet di setiap sekolah juga beda-beda. Tergantung luas lahan yang disediakan dan rasio siswanya," tutup Linda.

Loading...
Loading...