Jumat, 31 Agustus 2018 17:33 WITA

Terungkap! Ini Penyebab Kelangkaan Elpiji 3 Kg di Makassar

Editor: Aswad Syam
Terungkap! Ini Penyebab Kelangkaan Elpiji 3 Kg di Makassar
Rapat membahas kelangkaan elpiji 3 Kg di Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT Pertamina menyatakan, kelangkaan elpiji 3 kilogram (kg) bersubsidi di Kota Makassar, terjadi akibat penyaluran yang tidak tepat sasaran.

Pasalnya, jumlah gas bersubsidi yang dipasok Pertamina untuk wilayah Kota Makassar, sudah melebihi jumlah penduduk miskin yang berhak mendapatkan elpiji 3 kg.

"Kita lihat dari data yang ada. Sebenarnya jumlah penduduk miskin dibandingkan pasokan, jauh lebih besar pasokan. Pasokannya itu mencapai 1,4 juta tabung per bulannya," ungkap Unit Manager Communication & CSR MOR VII PT Pertamina, M Roby Hervindo saat ditemui di kantor Dinas Perdagangan Makassar, Jalan Rappocini, Jumat (31/8/2018).

Sementara jumlah masyarakat miskin dari data Badan Pusat Statistik (BPS), imbuh Roby, sekira 126.200 Kepala Keluarga (KK). Sedangkan data dari Dinas Sosial Kota Makassar, jumlahnya hanya 50.027 KK.

"Jika 1,4 juta tabung kita bagi jumlah masyarakat miskin dari Dinas Sosial Makassar, maka per keluarga bisa mendapat sekitar 27 tabung per bulan. Itu sudah lebih dari cukup. Malah dia sudah bisa buka toko dengan itu," ujarnya.

Roby menambahkan, dari pangsa pasar antara elpiji bersubsidi dan elpiji non-subsidi, diperoleh data bahwa jumlah masyarakat yang menggunakan elpiji non-subsidi di Kota Makassar saat ini, hanya 7 persen. Sementara elpiji subsidi, sampai 93 persen.

Berdasarkan data perbandingan itu, dapat ditarik kesimpulan, masih banyak masyarakat mampu yang ikut menikmati elpiji berbentuk melon tersebut.