Jumat, 31 Agustus 2018 11:27 WITA

KPU Sulsel Coret 64 Ribu Pemilih, Bawaslu: Nasib Mereka di Tangan Disdukcapil

Editor: Abu Asyraf
KPU Sulsel Coret 64 Ribu Pemilih, Bawaslu: Nasib Mereka di Tangan Disdukcapil
Laode Arumahi

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan angkat bicara mengenai dikeluarkannya 64 ribu lebih Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sebelumnya telah ditetapkan di KPU kabupaten/kota oleh KPU Sulsel dalam penetapan DPT tingkat provinsi.

Dengan demikian, status DPT mereka berubah menjadi Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

"Ternyata masih ada sekitar 64 ribu lebih yang secara syarat pemilih itu berpotensi untuk dicatat sebagai pemilih. Namun karena mereka masih terkendala belum dilakukan perekaman oleh Disdukcapil makanya dikeluarkan dulu," tutur Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi kepada Rakyatku.com, Kamis malam (30/8/2018).

Oleh karena itu, menurut Arumahi, pihak Disdukcapil provinsi harus segera turun tangan untuk mendorong penyelesaian perekaman KTP elektronik dari 64 ribu lebih pemilih potensial tersebut.

"Kita rekomendasikan kepada Disdukcapil agar proses perekaman itu bisa segera dilaksanakan atau dipercepat di semua kabupaten/kota sehingga tidak ada warga yang kehilangan hak pilihnya. Di sinilah pentingnya Disdukcapil provinsi untuk terus mendorong Disdukcapil kabupaten/kota untuk bekerja keras melayani rakyat sehingga mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019," tegasnya.

Disinggung mengenai jumlah DPT Pemilu 2019 di Sulsel yang cenderung lebih rendah dibandingkan DPT Pilgub Sulsel lalu, Arumahi mengaku hal ini terjadi karena telah dilakukan pembersihan terhadap daftar pemilih yang tidak akurat.

"DPT ini kan relatif berkurang dibandingkan dengan Pilgub Sulsel kemarin. Itu artinya semua pihak sudah melakukan langkah-langkah pembersihan terhadap DPT yang tidak akurat. Saya kira ini terus kita dorong pada KPU dan jajarannya supaya data yang ada betul-betul akurat," pungkasnya.

Seperti diketahui, KPU Sulsel telah menetapkan DPT Pemilu 2019 sebanyak
5.972.161 pemilih. Jumlah ini lebih rendang dibandingkan jumlah DPT Pilgub Sulsel 2018 yang mencapai 6.022.987 pemilih.