Jumat, 31 Agustus 2018 00:27 WITA

Bawaslu Loloskan Terpidana Korupsi ke DCS 

Editor: Eka Nugraha
Bawaslu Loloskan Terpidana Korupsi ke DCS 
Ilustrasi

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA --- Ketua Partai Berkarya, Andi Muttamar Mototorang dinyatakan bisa masuk dalam Daftar Caleg Sementara (DCS) Dapil (3) Bulukumpa-Rilau Ale. Dia dinyatakan lolos setelah melalui sidang ajudikasi yang digelar Bawaslu Bulukumba. 

Sebelumnya, Andi Muttamar dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan tidak masuk dalam DCS. KPU menganggap Andi Muttamar tidak bisa masuk ke DCS lantaran pernah menjadi terpidana korupsi. 

Gugatan Andi Muttamar kepada KPU melalui Badan Pengawasan Pemilu (BAWASLU) dimenangkan. Hal ini terungkap saat  Sidang Adjudikasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilih pada Pemilu 2019 di kantor Bawaslu Bulukumba, Rabu, 29 Agustus 2018. Putusan itu dibacakan oleh komisioner Bawaslu, Bakri Abu Bakar.

Dalam sidang itu, memutuskan pembatalan berita acara KPU, tentang hasil verifikasi keabsahan perbaikan dokumen Syarat Bakal Calon anggota DPRD Bulukumba pada Pemilu 2019, tanggal 7 Agustus 2018.

Selain itu keputusan sidang juga meminta KPU mengembalikan A Muttammar Matotorang sebagai Bacaleg Dapil Bulukumba III (Bulukumpa-Rilau Ale) nomor urut 9 yang selanjutnya ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara. KPU diberi waktu selama tiga hari untuk mengembalikan namanya ke DCS Dapil III.

Andi Muttamar Mattotorang tak bisa disembunyikan gembiranya. Dia bahkan mengaku berpuasa bersama anggota keluarganya atas kemenangan keberhasilannya menggugat KPU. 

"Atas usaha kami melakukan gugatan membuahkan hasil," Katanya saat ditemui, Kamis (30/8/2018).

Andi Muttamar bahkan mempersiapkan resepsi syukuran atas dirinya pada 9 September 2018 mendatang, seusai namanya kembali dimasukkan dalam DCT.

Berita Terkait