Kamis, 30 Agustus 2018 13:42 WITA

10 Negara Penghasil Kopi akan Berpartisipasi dalam Pameran HKI di Sulsel

Penulis: Rizal
Editor: Mulyadi Abdillah
10 Negara Penghasil Kopi akan Berpartisipasi dalam Pameran HKI di Sulsel
Penjabat Sekprov Sulsel Tautoto Tanaranggina (tengah( saat Technical Meeting dan Launching Pameran HKI 2018 di Hotel Grand Celino, Jalan Lanto Dg Pasewang Makassar, Kamis (30/8/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) didaulat menjadi tuan rumah peringatan Hari Kopi Internasional (HKI) tahun 2018. Peringatan HKI 2018 ini akan digelar dalam bentuk pameran di Hotel Claro, Jalan AP Pettarani Makassar, pada 15-17 Oktober mendatang.

Event ini rencananya akan diikuti oleh 10 peserta dari negara penghasil kopi terbaik dunia, seperti Brasil, Vietnam, Kolombia, Ethiopia, India, Honduras, Uganda, Guatemala, Peru dan  Meksiko.

"Oleh karena itu, saya berharap semua pihak dapat bersinergi untuk menyukseskan kegiatan ini. Apalagi, perayaan ini akan diisi pula dengan pameran dan kompetisi kopi, seperti pagelaran produk-produk kopi terbaik di nusantara maupun dunia, perlombaan meracik kopi/barista, seminar dan talkshow kopi Arabika dan Robusta, pemutaran film dokumentasi kopi, wisata kopi/kampung kopi, serta pemilihan Duta Kopi," tutur Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Kadis Perindustrian Provinsi Sulsel, Ahmadi Akil dalam Technical Meeting dan Launching Pameran HKI 2018 di Hotel Grand Celino, Jalan Lanto Dg Pasewang Makassar, Kamis (30/8/2018).

Adapun tema nasional dari HKI 2018, menurut Ahmadi, bersinergi dengan tema Asian Games 2018 dimana Indonesia menjadi tuan rumah, yakni "Kopi Indonesia Energi Dunia". 

Sementara itu, untuk tema internasional HKI 2018 memilih "Women in Coffee" guna meningkatkan keikutsertaan perempuan di event tersebut.

Loading...

"Ditunjuknya kita menjadi tuan rumah merupakan suatu kebanggaan. Ini kesempatan kita untuk memperkenalkan Black Pearl dan brand Kopi Toraja, serta Kopi Kalosi Enrekang yang masuk kategori speciality Coffee di mancanegara," tutupnya.

Penjabat (Pj) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Selatan, Tautoto Tana Ranggina mengajak seluruh elemen untuk dapat menyukseskan event HKI 2018. Menurutnya, Sulsel sebagai tuan rumah akan selalu siap terlebih lagi ini akan menjadi ajang destinasi yang baik untuk promosi pariwisata Sulsel ke tingkat dunia.

"Apalagi kita punya produsen Kopi Arabika dan Robusta dari Toraja, Enrekang dan kabupaten/kota lainnya. Ini dapat mengangkat harkat dan martabat kopi serta berdampak bagi kesejahteraan petani kopi di Indonesia, khususnya di Sulsel," tutupnya.

Loading...
Loading...