Rabu, 29 Agustus 2018 17:26 WITA

Wanita ini Tidak Sadar Dirinya Ditipu untuk Menikahi Orang Asing

Editor: Suriawati
Wanita ini Tidak Sadar Dirinya Ditipu untuk Menikahi Orang Asing
iStock

RAKYATKU.COM - Seorang wanita Hong Kong berusia 21 tahun mengaku telah ditipu untuk menikah dengan orang asing di China Daratan.

Wanita yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan bahwa dia mengira dirinya hanya terlibat dalam pernikahan simulasi, sebagai bagian dari pelatihan untuk menjadi perencana pernikahan.

Dia menceritakan bahwa pernikahan itu bermula pada bulan Mei ketika dia melihat iklan magang make-up artist di Facebook.

Tapi setelah mendaftar, ia diyakinkan oleh perusahaan untuk beralih ke peran perencana pernikahan. Dia kemudian diberi pelatihan gratis selama satu minggu di Hong Kong.

Sebagai kelanjutan dari pelatihannya, dia diharuskan berpartisipasi dalam pernikahan pura-pura di provinsi Fuzhou, China.

Pada bulan Juli, dia menandatangani dokumen permohonan pernikahan di sebuah pusat pemerintahan setempat.

Menurut Shouth China Morning Post, dia diberitahu oleh perusahaan bahwa pernikahannya akan "batal" setelah prosesi selesai.

Tapi setelah kembali ke Hong Kong, salah satu teman sekelasnya meyakinkannya bahwa itu adalah penipuan.

Sampai saat ini, statusnya adalah 'menikah'. Tidak diketahui siapa pria yang telah dinikahinya, atau apakah pria itu menggunakannya untuk bisa tinggal di Hong Kong.

Sesuai hukum, penduduk China yang menikah dengan orang Hong Kong dapat mengajukan permohonan untuk tinggal di kota itu.

Sekarang wanita muda itu berusaha untuk mencari bantuan hukum. Tapi polisi setempat tidak dapat membantunya karena kurangnya bukti, jadi dia mendekati Federation of Trade Unions (FTU) Hong Kong.

"Ini adalah bentuk penipuan pernikahan baru," kata Tong Kamgyiu, direktur Rights and Benefits Committee FTU, pada BBC. "Saya merasa kecewa dan tidak percaya itu bahkan terjadi di Hong Kong modern."

Setiap tahun, rata-rata ada 1.000 kasus penipuan pernikahan lintas batas di Hong Kong.