Rabu, 29 Agustus 2018 15:57 WITA

Anggota KPU Daerah Kembali 5 Orang, Begini Mekanismenya

Editor: Mulyadi Abdillah
Anggota KPU Daerah Kembali 5 Orang, Begini Mekanismenya
Ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - KPU RI akhirnya menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang 
jumlah anggota KPU daerah (kabupaten/kota) yang berjumlah lima orang.

Hal itu dituangkan dalam PKPU No 27 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas PKPU Nomor 7 Tahun 2018 tentang Seleksi Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota. 

PKPU ini mengatur tentang mekanisme penambahan anggota KPU daerah dari tiga orang menjadi lima orang. Dalam Pasal 34A ayat 1 disebutkan, anggota KPU kab/kota yang telah dilantik dengan jumlah tiga orang, dilakukan penambahan menjadi lima orang. 

Penambahan bagi KPU daerah yang telah selesai melaksanakan seleksi calon anggota yang dimaksud, dilakukan dengan sejumlah mekanisme. 

Yakni, KPU melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap tujuh peringkat berikutnya hasil seleksi yang
telah dilakukan oleh Tim Seleksi. Tujuh peringkat berikutnya merupakan hasil seleksi akhir, dan peringkat berikutnya hasil seleksi wawancara, sepanjang masih memenuhi syarat sebagai calon anggota KPU Kabupaten/Kota. 

Loading...

KPU dapat mendelegasikan wewenang kepada KPU Provinsi untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan, serta klarifikasi dan verifikasi. Hasil tersebut ditetapkan berdasarkan urutan peringkat teratas dan menetapkan dua orang penambahan anggota KPU Kabupaten/Kota terpilih.

Bagaimana dengan penambahan anggota KPU Kabupaten/Kota yang masih dalam proses seleksi? 

Pengusulan jumlah calon anggota KPU Kabupaten/Kota berdasarkan hasil tes kesehatan dan tes wawancara, yang akan dilakukan uji kelayakan dan kepatutan, disesuaikan dengan dua kali jumlah yang dibutuhkan. 

Pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan itu dilakukan sesuai dengan mekanisme uji kelayakan dan kepatutan yang diatur dalam Peraturan Komisi ini.

Loading...
Loading...