Rabu, 29 Agustus 2018 13:43 WITA

Empat Bulan Keluar Penjara, Adi Kembali Ditangkap, Kali Ini Didor Polisi

Penulis: Syukur
Editor: Nur Hidayat Said
Empat Bulan Keluar Penjara, Adi Kembali Ditangkap, Kali Ini Didor Polisi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Septiadi alias Adi (24) ditangkap anggota Jatanras Polrestabes Makassar. Penangkapan Adi dilakukan berdasarkan dua laporan polisi yang masuk di Polsek Tamalate.

"Pelaku diduga terlibat pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) sesuai dengan laporan polisi yang masuk di Polsek Tamalate," ungkap Kanit Jatanras Polrestabes Makassar, AKP Ivan Wahyudi, Rabu (29/8/2018).

Ivan mengatakan, Adi bukan kali ini saja berurusan dengan aparat hukum. Sebelumnya, Adi juga pernah terjerat kasus hukum dan telah menjalani pidana.

"Pelaku diketahui pernah diproses hukum, pelaku merupakan residivis yang baru saja menyelesaikan masa tahanannya pada bulan April 2018 dengan kasus yang sama," ungkapnya.

Ivan mengatakan, Adi akhirnya berhasil ditangkap setelah anggota Jatanras Polrestabes Makassar melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan tersebut didapatkan informasi keberadaan pelaku.

"Kami menerima informasi keberadaan pelaku dan langsung bergerak menuju tempat keberadaan pelaku dan berhasil mengamankannya," kata Ivan.

Setelah diamankan, Adi selanjutnya digelandang menuju Posko Jatanras Polrestabes Makassar. Dari hasil interogasi Adi mengakui dan membenarkan telah melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor pada 22 Agustus 2018 dan berhasil membawa sepeda motor Yamaha Mio Soul warna Putih Hitam di Jl Alauddin 2 bersama FZ (DPO).

"Pelaku saat itu melarikan motor yang sedang terparkir di halaman rumah korbannya. Kemudian motor hasil curian tersebut dititipkan di sebuah tempat penginapan yakni Pondok Tubarani," ujar Ivan.

Selain itu, Adi juga mengakui dan membenarkan melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor pada Juni 2018 jenis Suzuki Satria Warna biru Jalan Aluddin sekitar Perumahan Brimob Polda Sulsel bersama RF (DPO).

"Saat itu pelaku mendorong motor korban dan dijual oleh RF (DPO). Dari tangan pelaku (Adi), Tim Jatanras berhasil mengamankan barang bukti Sepeda motor Yamaha Mio Soul warna Putih Hitam sesuai dengan yang dilaporkan di Polsek Tamalate," kata Ivan.

Meski telah ditangkap, Adi menunjukkan sikap tidak kooperatif saat dilakukan pengembangan untuk melakukan pencarian teman-temannya. Adi berusaha melarikan diri dengan cara mendorong petugas.

"Langsung dilakukan pengejaran dan melepaskan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali namun tidak diindahkan. Sehingga terpaksa tindakan tegas dan terukur untuk melumpuhkan pelaku dengan menembak kaki kanan pelaku," ujar Ivan.