Selasa, 28 Agustus 2018 15:48 WITA

Di Depan Ratusan Maba UMI, Kapolda Sulsel Digelari Ustaz

Penulis: Saiful Mujib
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Di Depan Ratusan Maba UMI, Kapolda Sulsel Digelari Ustaz

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono, diberi gelar ustaz. Gelar tersebut disampaikan Rektor UMI Prof Basir Modding, usai Umar menyampaikan materinya dihadapan 600 lebih mahasiswa dari tiga fakultas di Pesantren Darul Muhlisin, Padang Lampe, Pangkep.

"Saya kira kita sepakat, bila kita beri gelar Kapolda sebagai ustaz," ujar Basri disambut tepuk tangan jajaran rektorat dan mahasiswa UMI, Selasa (28/8/2018).

Sementara itu, dalam materinya, Umar Septono mengajak mahasiswa untuk menghilangkan ego sektoral, dan menjadi pribadi yang mengayomi, suka menolong dan tidak menjadi bagian dari radikalisme apalagi terorisme.

"Di dalam kampus jangan ada ego sektoral, membangga-banggakan kelompok sendiri, melemahkan yang lain, tidak boleh. Saya harapkan mahasiswa saling menghargai dan juga menghormati, jangan saling melecehkan," ungkap Umar.

Di Depan Ratusan Maba UMI, Kapolda Sulsel Digelari Ustaz

Dikatakan Umar, media sosial juga menjadi bagian yang harus diwaspadai mahasiswa, khususnya terkait penyebaran faham radikalisme dan terorisme. Demikian pula pengajian-pengajian yang terkesan ekslusif. Sehingga tidak mudah terjerumus dalam radikalisme dan terorisme.

"Jangan mudah mengirim berita yang belum dibaca baik-baik. Jangan terlalu mudah menjadi bagian yang menyebar ujaran kebencian. Siapapun orangnya, dimanapun, bisa saya lacak. Masuknya paham radikal biasanya dimulai dari medsos, tercuci otaknya, kabur dari rumah, melawan orang tuanya, jadi teroris," terang Umar.