Senin, 27 Agustus 2018 16:26 WITA

Misteri Spaghetti yang Buat Bingung Fisikawan Terkenal Akhirnya Terpecahkan

Editor: Suriawati
Misteri Spaghetti yang Buat Bingung Fisikawan Terkenal Akhirnya Terpecahkan
Mie spaghetti

RAKYATKU.COM - Jika Anda memiliki mie spagehetti di rumah, cobalah lakukan ini: ambil sebatang spaghetti, pegang ujungnya dan tekuk sampai patah!
 
Anda akan mungkin berasumsi bahwa itu akan patah menjadi dua bagian. JIka ya, Anda salah, karena itu tidak pernah terjadi. Mie tersebut justru akan pecah menjadi tiga bagian atau lebih.

Mengapa demikian? Jangankan Anda, fisikawan terkenal, Richard P. Feynman pun bingung dengan hal itu.

Feynman adalah salah satu pemikir paling cemerlang di abad ke-20. Dia adalah pemain kunci dalam menciptakan elektrodinamika kuantum, yang menggambarkan perilaku cahaya dan materi. 

Namun demikian, di tidak pernah bisa menemukan jawaban mengapa mie spageti tidak patah menjadi dua bagian, dan apakah ada cara untuk mematahkannya seperti itu.

Dalam buku No Ordinary Genius, teman Feynman, Daniel Hillis, menceritakan kisah pada suatu malam ketika dia dan Feynman mencoba untuk mencari tahu hal itu.

Loading...

"Kami menghabiskan dua jam berikutnya dengan teori-teori gila," kenang Hillis. Tapi akhirnya, Feynman menyerah. Dan, dia meninggal pada 1988, tanpa pernah tahu misteri spaghetti.

Tapi minggu lalu, sekelompok ilmuwan menemukan jawaban baru. Yaitu, ketika objek panjang dan tipis seperti spaghetti ditekuk, energi fraktur menyebar kembali melalui tongkat, menyebabkan tongkat patah di beberapa bagian.

Temuan itu dipublikasikan di The Proceedings of National Academy of Sciences dan diumumkan dalam rilis berita MIT.

Pertanyaan selanjutnya, bisakah mie spaghetti dipatahkan jadi dua bagian? Jawabannya ya, dan Anda hanya perlu memutarnya terlebih dahulu sebelum ditekuk. Jawaban ini ditemukan oleh Ronald Heisser dari Cornell University dan Vishal Patil dari MIT.

Loading...
Loading...