Jumat, 24 Agustus 2018 16:06 WITA

Ini Perkembangan Penyidikan Kasus Kapal Maut Lestari Maju

Penulis: Himawan
Editor: Aswad Syam
Ini Perkembangan Penyidikan Kasus Kapal Maut Lestari Maju
Penumpang KM Lestari Maju saat melompat ke laut dan mengenaka pelampung.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Belasan hari setelah berkas perkara KM Lestari Maju dinyatakan P19 oleh jaksa, penyidik kepolisian masih terus mengumpulkan petunjuk dari jaksa.

Direktur Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono mengungkapkan, satu petunjuk jaksa yang telah dilengkapi penyidik ialah saksi ahli dari Kementerian Perhubungan. Ia pun menargetkan bulan ini, berkas perkara karamnya KM Lestari Maju sudah P21.

"Masih P19 karena prosedurnya begitu. Lagi melengkapi P19 yaitu pemeriksaan terhadap ahli dari Kementerian Perhubungan," kata Yudhiawan, Jumat (24/8/2018).

Ia menambahkan, hingga kini hanya ada tiga tersangka yang yang bertanggung jawab atas kasus karamnya kapal yang menewaskan puluham penumpang ini. Hal ini diperkuat dari petunjuk jaksa saat P19, yang hanya menyarankan penyidik kepolisian menambah bukti dari saksi ahli.

"Ya tiga tersangka saja," imbuhnya.

Dalam tragedi maut KM Lestari Maju, ketiga tersangkanya adalah Hendra Yuwono Njo, pemilik kapal maut KMP Lestari Maju, Kwat Marianto (KM) selaku perwira posko pelabuhan Bira yang menerbitkan SPB, dan Agus Susanto (AS) selaku nakhoda KMP Lestari Maju.