Senin, 20 Agustus 2018 13:42 WITA

Pj Gubernur Sulsel: Tidak Ada Alasan Tolak Pindah ke New Makassar Mall

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Mulyadi Abdillah
Pj Gubernur Sulsel: Tidak Ada Alasan Tolak Pindah ke New Makassar Mall
Soni Sumarsono

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Soni Sumarsono, angkat bicara soal polemik relokasi pedagang Pasar Sentral ke New Makassar Mall.

Menurutnya, persoalan yang berlangsung selama satu tahun lebih itu, hampir selesai. PT Melati Tunggal Inti Raya (MTIR) selaku pengembang sudah mulai kendor soal syarat penempatan los. Kemudian pedagang pun sudah sepakat dengan solusi yang ditawarkan pemerintah.

"Waktu saya dialog dengan saya kemarin di Pasar Sentral, mereka (pedagang) pada dasarnya sudah sepakat untuk masuk. Mereka juga sudah jenuh dengan persoalan ini. Permintaan hanya bagaimana kita bisa meyakinkan mereka soal kepastian dapat tempat," kata Soni usai melakukan rapat bersama Wali Kota Makassar, Senin (20/8/2018).

Terkait hal itu, PT MTIR hari ini juga menegaskan bahwa semua pedagang dijamin menggunakan tempat. Jika ada yang belum dapat, bisa langsung melapor ke PT MTIR.

Loading...

Sementara soal harga, nilai Rp 42.150.000 itu hanya harga indeks atau dasar. Dalam teori pasar bertingkat, kata Soni, memang dikenal harga dasar, yakni ditentukan berdasarkan posisi dan lokasi lods.

Pedagang juga diberi waktu selama enam bulan untuk menempati lods di New Makassar Mall tanpa retribusi. Sehingga diharapkan setelah semua pedagang telah direlokasi, jalanan di area itu sudah dapat dikembalikan fungsinya.

"Saya ke sana (New Makassar Mall), AC sudah jalan, listrik sudah jalan, kemudian WC juga bersih, lantai mengkilap. Jadi tidak ada alasan untuk menolak pindah ke sana," pungkasnya.

Loading...
Loading...