Kamis, 21 April 2016 16:35 WITA

Mendunia, Petani Kopi Asal Papua 'Belajar' ke Tana Toraja

Penulis: Atjong
Editor: Mulyadi Abdillah
Mendunia, Petani Kopi Asal Papua 'Belajar' ke Tana Toraja

RAKYATKU.COM, TORAJA - Provinsi Papua mengirim delegasinya untuk melakukan orientasi lapangan ke Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan terkait Kopi Arabika Toraja.

Delegasi yang dikirim adalah para kelompok tani yang akan belajar cara menanam kopi, pengelolaan kopi serta mempelajari struktur tanah Tana Toraja.

"Kabupaten Tana Toraja dipilih karena kopi arabikanya sudah mendunia. Nah di Tanah Papua kami (petani kopi) mengalami kendala pemekaran wilayah dan sulitnya aksesbilitas," ujar Kepala Badan Percepatan Pengembangan Kawasan Papua Provinsi Papua, Michael Icikh, Kamis (21/4/2016).

Dijelaskan Michael, kopi arabika di Tanah Papua Telah dikembangkan sejak zaman Belanda. Namun adanya pemekaran wilayah mempengaruhi para petani kopi di Papua untuk beralih kegiatan padat karya ketimbang mengurus kebunnya. 

Loading...

Dia berharap, orientasi lapangan ini para petani kopi mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang nantinya akan dapat diterapkan di tanah Papua.

"Lokusnya kami membawa pengetahuan dan ilmu tentang pengelolaan kopi Arabika Toraja agar nantinya dapat diterapkan di Papua," pungkasnya. 

Sekretaris Daerah Tana Toraja, Enos Karoma yang menerima rombongan mengatakan, Pemkab Tana Toraja akan membantu sepenuhnya para kelompok tani Papua.

Loading...
Loading...