Minggu, 19 Agustus 2018 14:31 WITA

Musim Kemarau, Debit Air PDAM dari Bendung Lekopancing Menurun

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Nur Hidayat Said
Musim Kemarau, Debit Air PDAM dari Bendung Lekopancing Menurun

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dampak dari musim kemarau mulai terasa. Petugas pengawas bendungan Lekopancing melaporkan, saat ini debit air di bendungan tersebut telah mengalami penurunan, hingga 265 sentimeter.

Kondisi ini tentu saja sangat memengaruhi suplai air baku ke instalasi pengolahan air (IPA) 2 Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) yang berada di Panaikang, kesulitan memproduksi air dengan debit yang sama pada saat musim hujan.

"Sekarang produksi kami hanya dikisaran maksimal 1.050 lps dari biasanya 1.250-1.300 lps. Karena pasokan air baku berkurang. Ini baru pertama kalinya debit air dari sana berkurang drastis," kata Humas PDAM Makassar, Idris Tahir, Minggu (19/8/2018).

Kondisi tersebut, lanjut Idris, menyebabkan distribusi air ke pelanggan menurun. Utamanya untuk daerah utara dan timur kota. Seperti sekitar Jalan Sultan Abdullah, Teuku Umar, Sinassara, Barukang Cambayya, Jalur ke Antang, Dirgantara, Paccinang, BTP, Sudiang dan lainnya. 

Karenanya, PDAM Makassar harus melakukan alternatif lain, yaitu dengan menambah pasokan air baku dengan mengambil air pada Sungai Moncongloe, Maros.

Proses penambahan pasokan air sementara memasuki tahap persiapan. Pompa sudah terpasang dan saat ini telah dalam proses pemasangan alat lain. Di perkirakan, pengambilan air sudah dapat difungsikan 1-2 hari mendatang 

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Diimbau kepada pelanggan untuk lebih hemat menggunakan air. Kalau bisa begitu air mengalir, tampung dulu sebagian agar bisa dipakai besok. Mengingat tekanan air yang tidak stabil," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Bendungan Lekopancing merupakan sumber air utama yang dipergunakan oleh IPA 2 Panaikang, untuk melayani pelanggan di utara dan timur kota.

Di mana pada wilayah tersebut diperkiraan menampung sekitar 50 ribu pelanggan. Selain itu ada pula sedikit tambahan dari IPA Maccini Sombala untuk sebagian pelanggan utara kota.