Minggu, 19 Agustus 2018 08:20 WITA

Arab Saudi Dituduh Memblokir Warga Qatar untuk Berhaji

Editor: Suriawati
Arab Saudi Dituduh Memblokir Warga Qatar untuk Berhaji
Getty Images

RAKYATKU.COM - Qatar menuduh Arab Saudi melarang warga negaranya menunaikan ibadah haji tahun ini.

Pada bulan Juni, pelayanan Haji Arab Saudi mengumumkan pembukaan situs web yang memungkinkan Qatar untuk mendaftar haji. Namun, orang-orang di Qatar mengatakan pendaftaran tidak bisa dilakukan.

Abdullah al-Kaabi dari Komite Nasional Hak Asasi Manusia Qatar mengatakan Arab Saudi telah menutup sistem yang digunakan oleh agen perjalanan untuk mendapatkan izin.

"Tidak ada kesempatan tahun ini bagi warga Qatar untuk melakukan perjalanan haji," katanya kepada kantor berita Reuters.

"Pendaftaran peziarah dari Qatar tetap tertutup, dan penduduk Qatar tidak dapat diberikan visa karena tidak ada misi diplomatik."

Loading...

Menurut Reuters, tiga agen perjalanan di Doha telah berhenti mencoba menjual paket Haji. "Tahun lalu kami kehilangan banyak uang karena krisis dimulai setelah kami memesan semuanya di Mekkah dan Madinah dan kami harus mengembalikan uang orang-orang," kata seorang manajer dari satu agen perjalanan di Doha.

Namun para pejabat Saudi membantah tuduhan itu dan menuduh Qatar berusaha mempolitisasi Haji. Mereka mengklaim meskipun Qatar berada di bawah blokade, dan warga Qatar dilarang masuk ke Arab Saudi, tapi ada pengecualian untuk pelaksanaan ibadah Haji.

Tahun lalu, Riyadh membuka perbatasan darat untuk jemaah Haji. Tapi mereka belum melakukannya tahun ini, menurut Al Jazeera.

Pada bulan Juni 2017, Arab Saudi, bersama Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir, memutuskan hubungan dengan Qatar, dan memberlakukan bawah blokade darat, laut, dan udara.

Loading...
Loading...