Sabtu, 18 Agustus 2018 22:13 WITA

Kofi Annan, Mantan Sekjen PBB Meninggal Pada Usia 80 Tahun

Editor: Suriawati
Kofi Annan, Mantan Sekjen PBB Meninggal Pada Usia 80 Tahun
Kofi Annan

RAKYATKU.COM - Kofi Annan, mantan sekretaris jenderal PBB, meninggal pada hari Sabtu (18/08/2018) di usia 80 tahun.

Kematian dikonfirmasi oleh keluarganya dalam sebuah pernyataan melalui Kofi Annan Foundation, yang berbasis di Swiss.

"Kofi Annan, mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Penerima Nobel Perdamaian, meninggal dengan damai, setelah sakit singkat," tulis yayasan tersebut di Twitter.

Memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2001, Annan adalah orang Afrika kulit hitam pertama yang memimpin Perserikatan Bangsa-Bangsa. Ia menjabat selama dua periode, dari 1 Januari 1997 hingga 31 Desember 2006.

Annan adalah orang yang mendefinisikan ulang PBB untuk mengubah dunia. Dia memainkan peran sentral dalam menciptakan Dana Global untuk Memerangi AIDS, Tuberkulosis dan Malaria serta strategi kontra-terorisme pertama PBB.

Dia juga memiliki tugas khusus. Setelah Irak menginvasi Kuwait pada tahun 1990, ia memfasilitasi repatriasi dari Irak lebih dari 900 staf internasional dan warga negara non-Irak lainnya, serta pembebasan sandera barat di Irak. Dia memimpin negosiasi awal dengan Irak untuk penjualan minyak sebagai ganti bantuan kemanusiaan.

Kofi Annan, Mantan Sekjen PBB Meninggal Pada Usia 80 TahunPada Februari 2012, Annan ditunjuk sebagai utusan gabungan Liga Arab dan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mencari penyelesaian perang sipil di Suriah.

Tapi perdamaian tidak pernah terjadi dan Annan mengundurkan diri pada bulan Agustus tahun itu karena frustrasi.

Namun, dia tetap menjadi komentator vokal tentang berbagai masalah seperti krisis pengungsi, mempromosikan tata pemerintahan yang baik, langkah-langkah anti-korupsi dan pertanian berkelanjutan di Afrika, serta mendorong upaya dalam memerangi perdagangan narkoba ilegal.

Kofi Annan meninggalkan istrinya Nane dan anak-anak mereka Ama, Kojo dan Nina.

Tags