Jumat, 17 Agustus 2018 18:53 WITA

694 Napi Lapas Makassar Dapat Remisi, 12 Bebas

Editor: Aswad Syam
694 Napi Lapas Makassar Dapat Remisi, 12 Bebas
Ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebanyak 694 warga binaan Lapas Kelas IA Makassar, mendapatkan remisi di hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-73. 

Kepala Lapas Klas IA, Budi Sarwono mengatakan, narapidana yang mendapat remisi ini berasal dari kasus pidana umum. 

"Yang mendapat remisi 694 warga binaan dari total penghuni 968 narapidana," kata Budi saat dikonfirmasi Rakyatku.Com, Jumat (17/8/2018). 

Budi menambahkan, narapidana yang mendapat remisi ini berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan di lapas. Selain yang mendapatkan remisi, ada 12 narapidana yang dibebaskan tepat di hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-73.

"Yang bebas 12 orang dan 1 orang masih menjalani pidana kurungan," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Imam Suyudi mengungkapkan, saat ini Kemenkumham Sulawesi Selatan meneken MoU bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di hari Kemerdekaan RI. 

Bentuk kerjasama itu berupa penanganan bagi narapidana perempuan yang hamil dan melahirkan serta pasca melahirkan. Dalam kerjasama ini, Pemprov Sulsel akan menyiapkan fasilitas pelayanan saat para warga binaan ini, untuk melahirkan di dalam lapas. 

"Jadi di Sulawesi Selatan ini, kurang lebih hampir sekitar 400 lebih perempuan (yang ada di lapas). Ini karena persoalan kehamilan pada dasarnya belum tercover oleh BPJS," kata Imam. 

Nantinya, para narapidana wanita yang melahirkan akan ditangani langsung Pemprov Sulsel.