Sabtu, 18 Agustus 2018 05:00 WITA

Begini Tampilan Spesies Hewan Terbang 200 Juta Tahun Silam

Editor: Andi Chaerul Fadli
Begini Tampilan Spesies Hewan Terbang 200 Juta Tahun Silam

RAKYATKU.COM - Para arkeolog di Utah terkejut ketika mereka menemukan sisa-sisa spesies pterosaurus baru yang berusia lebih dari 200 juta tahun.

Spesies yang dijuluki 'Caelestiventus hanseni' atau angin surgawi itu ditemukan oleh para peneliti dari Universitas Brigham Young, dikutip dari Daily Mirror, Sabtu (18/8/2018).

Sampai penemuan, hanya ada 30 spesimen pterosaur Triassic yang dikenal manusia - tetapi spesies baru ini mendahului ini sebesar 65 juta tahun.

Brooks Britt, yang memimpin penelitian, mengatakan: “Kami mendapatkan wawasan tentang awal pterosaus. Kami menunjukkan bahwa mereka luar biasa beragam. "

Tim ini membuat penemuan di Quarry Orang Suci dan Orang Berdosa di timur laut Utah.

Di samping tulang pterosaurus, para peneliti juga menemukan kerangka lima buaya awal .

Begini Tampilan Spesies Hewan Terbang 200 Juta Tahun Silam

Hebatnya, tulang pterosaurus tidak digosok dan diawetkan di pasir - sesuatu yang sangat langka.

Mr Britt berkata: “Sebagian besar spesimen Trias terdiri dari hanya satu tulang: misalnya, phalanx kecil dari jari atau satu tulang belakang dari leher.

"Untuk hewan ini, kita memiliki sisi wajah dan atap lengkap tengkorak, termasuk casing otak, rahang bawah yang lebih rendah dan bagian sayap."

Analisis tulang mengungkapkan bahwa pterosaurus memiliki sekitar 112 gigi mirip taring, serta visi yang berkembang dengan baik.