Jumat, 17 Agustus 2018 11:54 WITA

Gaji PNS dan Pensiunan Naik 5 Persen, Juga Dapat THR dan Gaji 13

Editor: Mulyadi Abdillah
Gaji PNS dan Pensiunan Naik 5 Persen, Juga Dapat THR dan Gaji 13
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Ini tiga kabar gembira bagi para pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun depan. Mereka akan menerima kenaikan gaji sebesar 5 persen. THR dan gaji ke 13 pun tetap diberikan.

"Pada tahun 2019 Pemerintah akan menaikkan gaji pokok dan pensiun pokok bagi aparatur negara, serta para pensiunan sebesar rata-rata 5 persen,” kata Presiden Jokowi dalam Rapat Paripurna DPR, Kamis (16/8/2018) kemarin.

Kenaikan gaji pokok PNS sebesar 5 persen, dimaksudkan untuk menyesuaikan pemasukan para PNS yang sejak 2015 tidak mendapatkan kenaikan gaji.

"Kalau kena inflasi 3,3% itu gaji pokok PNS sudah erosi. Tapi sebenarnya PNS juga dapat tunjangan yang disesuaikan," tutur Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kenaikan gaji ini berlaku mulai 1 Januari 2019. Rencana tersebut sedang disusun oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berdasarkan rekomendasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

"Iya (berlaku 1 Januari 2019), kan sesuai tahun anggaran 2019," kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mudzakir dilansir dari detikcom.

Aturan kenaikan gaji tersebut akan dicantumkan dalam Peraturan Pemerintah (PP).

Loading...

"Tentunya nanti ada PP nya. Tapi itu berlaku sejak januari 2019. tapi bisa saja regulasinya sambil jalan. Kalau pun telat bulan 1 bulan 2 tapi kenaikan perhitungannya berlaku sejak Januari. Mudah-mudahan," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani. 

THR dan Gaji 13

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, tahun depan pemerintah tetap akan memberikan THR dengan kandungan yang sama. Selain gaji adapula komponen tunjangan keluarga dan tunjangan kinerja dalam THR PNS di 2019.

"Tahun depan masih sama ada THR dan gaji ke 13 juga. Nanti di dalamnya termasuk tunjangan-tunjangan," tuturnya.

Sri Mulyani juga memastikan, pemerintah akan memasukan komponen dana untuk THR dan gaji ke 13 PNS dalam dana alokasi umum (DAU) ke daerah yang tahun depan ditetapkan sebesar Rp 414,9 triliun. Angka itu lebih besar dari tahun ini Rp 401,5 triliun.

"Untuk PNS daerah juga nantinya tunjangannya akan ditetapkan sesuai dengan kinerjanya. Tapi DAU-nya sudah mempertimbangkan untuk THR dan gaji ke 13," ujarnya.

Loading...
Loading...