Jumat, 17 Agustus 2018 08:31 WITA

TNI AL Jadi Petugas Upacara HUT Kemerdekaan RI di Kota Makassar

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Abu Asyraf
TNI AL Jadi Petugas Upacara HUT Kemerdekaan RI di Kota Makassar

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, menjadi inspektur upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI), di Lapangan Karebosi, Jumat (17/8/2018).

Upacara yang dimulai tepat pukul 07.30 Wita itu, juga dihadiri Wakil Wali Kota Makassar dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Makassar, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Makassar.

Tampak pula puluhan veteran, mantan pejabat, orangtua anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), ratusan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Makassar.

"Tahun ini yang menjadi petugas upacara yakni dari TNI (Tentara Nasional Indonesia) Angkatan Laut. Begitu pula yang menjadi pengapit dan Danpas (Komandan Pasukan) Paskibra," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin pada Rakyatku.com.

TNI AL Jadi Petugas Upacara HUT Kemerdekaan RI di Kota Makassar

Dari pantauan Rakyatku.com, upacara hari kemerdekaan RI yang ke-73 ini berjalan khidmat. Suara musik instrumental yang memainkan lagu kebangsaan Indonesia Raya menggema, saat pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh 70 anggota Paskibra.

Puluhan masyarakat juga ikut menyaksikan jalannya upacara pengibaran bendera merah putih. Berdiri di balik pagar tanaman di sebelah barat Lapangan Karebosi, masyarakat ikut memberikan hormat saat bendera merah putih dikibarkan.

Usai pengibaran bendera, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Makassar, Farouk M Betta. Kemudian pembacaan Undang-undang Dasar 1945 dan amanat dari pembina upacara Danny Pomanto.

Upacara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Kasubag Tata Usaha Kementerian Agama Kota Makassar, Abd Rafik.