Kamis, 16 Agustus 2018 21:22 WITA

Pelantikan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Catat Rekor MuRI

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Pelantikan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Catat Rekor MuRI
Komisioner Divisi Hukum, Penindakan, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulsel, Azry Yusuf

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pelantikan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten/kota dari seluruh Indonesia, Rabu (15/8/2018), menorehkan sejarah.

Secara resmi, pelantikan tersebut menjadi tanda berubahnya nama Panwas kabupaten/kota menjadi Bawaslu kabupaten/kota.

"Per tanggal 15 Agustus kemarin, Panwas kabupaten/kota resmi berubah nama menjadi Bawaslu kabupaten/kota. Semua administrasinya sudah disiapkan, seperti kop surat, stempel, dan lain-lain," tutur Komisioner Divisi Hukum, Penindakan, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulsel, Azry Yusuf, kepada Rakyatku.com, Kamis sore (16/8/2018).

Sejarah lainnya, kata Azry, adalah pelantikan tersebut tercatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MuRI). Total 1.914 anggota Bawaslu kabupaten/kota se-Indonesia Periode 2018-2023 dilantik dalam acara yang dihelat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, tersebut.

"Itu tercatat dalam rekor MuRI sebagai pelantikan pejabat publik terbanyak," kata Azry.

loading...

Lebih lanjut, Azry menjelaskan khusus di Sulsel terdapat empat kabupaten/kota yang memiliki lima komisioner Bawaslu, yakni Gowa, Bone, Wajo dan Kota Makassar.

"Ada tiga pertimbangan sehingga jumlah komisioner mereka lebih banyak dari kabupaten/kota lainnya, yaitu luas wilayah, jumlah penduduk dan jumlah wilayah administratif (kecamatan)," jelasnya.

Formasi komisioner dari empat kabupaten/kota tersebut, menurut Azry, sama dengan susunan anggota Bawaslu RI.

"Sama dengan pembagian divisi di Bawaslu RI, yaitu Divisi SDM dan Organisasi, Divisi Pengawasan dan Sosialisasi, Divisi Hukum, Divisi Penindakan, serta Divisi Penyelesaian Sengketa," pungkasnya.

Loading...
Loading...