Rabu, 15 Agustus 2018 22:30 WITA

Kelompok Waria Ikut Gerak Jalan Indah, Camat dan Ketua DPRD Bulukumba Minta Berpakaian Sopan

Penulis: Rahmatullah
Editor: Abu Asyraf
Kelompok Waria Ikut Gerak Jalan Indah, Camat dan Ketua DPRD Bulukumba Minta Berpakaian Sopan
Kelompok waria latihan gerak jalan indah di depan kantor Kecamatan Bulukumpa, Rabu (15/8/2018).

RAKYATKU.COM,BULUKUMBA - Kelompok waria yang tergabung dalam Kerukunan Waria Bagian Utara (Kewabatara) terus menggelar latihan gerak jalan indah, Rabu (15/8/2018).

Pantauan rakyatku.com, puluhan waria yang datang dari dua kecamatan, yaitu Rilau Ale dan Bulukumpa, menggunakan halaman kantor camat Bulukumpa untuk berlatih. 

Kewabatara ambil bagian dalam lomba gerak jalan indah yang diadakan setiap tahun. Tahun ini, gerak jalan indah dijadwalkan pada Kamis (16/8/2018) dan puncaknya Jumat (17/8/2018).

Ketua Kewabatara, Yudhi kepada Rakyatku.com mengaku, tahun 2018 ini, kelompok waria tidak lagi menggunakan kostum yang mencolok mengingat pada tahun-tahun sebelumnya menuai kecaman dari sejumlah pihak. Salah satunya dari Dai Muda Bulukumba.

"Kostum tahun ini memang lebih beda, pada barisan pertama menggunakan pakaian adat," ujarnya.

Loading...

Camat Bulukumpa, Salman Z Patongai yang dikonfirmasi mengaku telah mengantisipasi munculnya kontroversi karena kehadiran kelompok waria. Pihaknya telah mengimbau agar lebih sopan dan lebih menghormati adat di Bulukumba.

"Saya memang telah menyampaikan kepada mereka. Terlihat lebih terhormat jika menggunakan pakaian lebih sopan. Makanya kita sarankan kemarin menggunakan pakaian adat dari Sulsel. Ini juga untuk memperkenalkan usaha mereka sebagai rias pengantin," kata mantan Lurah Ballasaraja ini.

Wakil Ketua DPRD Bulukumba, Andi Zulkarnain Pangki mengatakan, kelompok waria perlu tetap diberikan ruang sebagai warga negara Indonesia yang ingin menyemarakkan HUT RI.

"Hanya saja yang perlu kita tekankan, tetap sopan dalam hal berpakaian. Di Bulukumba kita didominasi warga yang berhijab (wanitanya). Sehingga kita saling menghormati dan menjaganya," ujarnya.

Loading...
Loading...