Rabu, 15 Agustus 2018 09:17 WITA

Jembatan Layang Italia Ambruk, 35 Orang Tewas

Editor: Mays
Jembatan Layang Italia Ambruk, 35 Orang Tewas
Petugas mengevakuasi korban dari sisa-sisa jembatan yang runtuh. Sumber: PA

RAKYATKU.COM, ITALIA - Setidaknya 35 orang dilaporkan tewas dan 16 lainnya luka-luka, setelah jembatan layang runtuh saat terjadi badai di Italia. 

Korban tewas termasuk setidaknya satu anak, surat kabar Corriere melaporkan, mengutip Kementerian Dalam Negeri. 

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte, mengunjungi lokasi bencana pada Selasa malam, di kota pelabuhan Genoa. Dia menyebutnya sebagai tragedi terbesar. 

Kepala badan perlindungan sipil Italia, Angelo Borrelli, mengatakan, hingga saat ini 35 mobil dan setidaknya tiga truk berada di bagian 80 meter dari rentang yang runtuh. 

Yang lain dikhawatirkan terperangkap di bawah reruntuhan, dengan jumlah korban tewas masih diperkirakan akan meningkat. 

Tujuh orang dipahami telah ditarik hidup-hidup dari reruntuhan Jembatan Morandi, setelah satu bagian runtuh ke kawasan industri di bawah. 

Foto-foto menunjukkan, mayat-mayat korban dan orang-orang yang selamat dibaringkan di antara puing-puing. 

Bencana terjadi di jalan utama yang menghubungkan Italia ke Prancis dan resor lainnya pada malam sebelum Ferragosto, hari libur utama Italia. 

Lalu lintas akan menjadi lebih berat daripada biasanya, karena banyak orang melakukan perjalanan ke pantai atau gunung. 

Conte memuji ratusan pekerja penyelamat masih di lokasi malam ini. Dia mengatakan, mereka menyelamatkan orang-orang yang jatuh 45 meter dan sekarang hidup dan di rumah sakit. 

loading...

Penyiar Sky TG24 mengatakan, bagian jembatan itu runtuh di atas zona industri. Petugas pemadam kebakaran juga telah menyuarakan keprihatinan tentang saluran gas. 

Foto-foto yang diterbitkan oleh kantor berita ANSA di situs webnya menunjukkan jurang besar antara dua bagian jembatan. Video menangkap suara lelaki yang berteriak: "Oh Tuhan, oh, Tuhan." Gambar lain menunjukkan sebuah truk hijau yang berhenti hanya beberapa meter dari lubang yang menganga di jembatan. 

Menteri Dalam Negeri Matteo Salvini mengatakan, sekitar 200 petugas pemadam kebakaran menanggapi kecelakaan itu. 

Dia mengatakan di Twitter: "Kami mengikuti menit demi menit situasi untuk jembatan runtuh di Genoa." 

Jembatan Morandi diresmikan pada 1967. Tingginya 295 kaki dan hanya lebih dari tiga perempat mil panjangnya, dengan bagian terpanjang di antara pendukung berukuran 650 kaki. 

Para ahli mengatakan, meskipun terlalu dini untuk mengatakan apa yang mungkin telah menyebabkan tragedi itu, jembatan itu menjadi sasaran ketakutan atas keamanannya selama beberapa tahun. 

Itu telah mengalami beberapa perbaikan, dengan laporan itu 'terus-menerus dikenakan pekerjaan pemeliharaan'. 

Ada yang dikatakan kekhawatiran utama di antara para insinyur dan penduduk setempat, tentang kemampuan jembatan untuk menahan volume lalu lintas yang digunakan setiap hari.

Loading...
Loading...