Selasa, 14 Agustus 2018 19:24 WITA

Jokowi-Ma'ruf Berbalik Unggul Dalam Polling, Ridwan Kamil: Bisa Dikondisikan

Editor: Abu Asyraf
Jokowi-Ma'ruf Berbalik Unggul Dalam Polling, Ridwan Kamil: Bisa Dikondisikan
Ridwan Kamil

RAKYATKU.COM - Pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin berbalik unggul dalam beberapa polling capres-cawapres di media sosial. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil angkat bicara. Menurutnya, banyak akun yang bisa dikondisikan. Maksudnya?

Gubernur terpilih Jawa Barat itu menyebut poling via Twitter kurang ilmiah. Hasilnya tidak menggambarkan pemenang yang sesungguhnya. Alasannya, mayoritas pemilih tidak main Twitter. 

"Juga banyak akun robot yang bisa dikondisikan. Hanya untuk hiburan. Pengalaman Pilkada Jabar membuktikan. Be a smart voter. Mari fokus edukasi demokrasi ini pada jualan gagasan dan visi jalan keluar," lanjut Ridwan Kamil yang berlatar belakang arsitek.

Ridwan Kamil adalah salah satu gubernur terpilih yang langsung menyatakan akan mendukung Joko Widodo pada Pilpres 2019. Dukungan itu tak mengherankan karena empat parpol pengusungnya di Pilgub Jabar adalah anggota koalisi pendukung Jokowi, yakni PPP, PKB, Partai Nasdem, dan Partai Hanura.

Sekadar informasi, sejumlah polling capres mengunggulkan pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Salah satunya yang digelar Radio Elshinta. Saat responden baru mencapai 23.552, Prabowo-Sandi unggul dengan 80 persen. Sementara Jokowi-Ma'ruf hanya 20 persen.

Namun, hasilnya akhirnya, Jokowi-Ma'ruf Amin berbalik unggul dengan 59 persen suara. Prabowo-Sandi hanya mendapatkan 41 persen. Jumlah responden final mencapai 77.645 akun Twitter.

Loading...

Jokowi-KH Ma'ruf juga unggul pada polling yang digelar Faizal Assegaf. Prabowo-Sandi juga sempat memimpin dengan cukup telak. Namun, saat partisipan mencapai 124.824, Jokowi-Ma'ruf berbalik unggul dengan 66 persen. Prabowo-Sandi turun menjadi 32 persen. Masih ada 2 persen yang ragu-ragu.

Sementara dua polling lainnya yang berakhir lebih awal, yakni Indonesia Lawyers Club (ILC) dan Iwan Fals semuanya dimenangkan telak Prabowo-Sandi. Di ILC, Jokowi-Ma'ruf hanya 26 persen, sementara Prabowo-Sandi 63 persen. Golput 10 persen. Jumlah partisipan 110.259 akun.

Sedangkan di polling Iwan Fals, Jokowo-Ma'ruf hanya mendapat 27 persen suara. Prabowo-Sandi 68 persen. Sisanya 6 persen tidak memilih keduanya. Jumlah partisipan 50.216 akun.


 

Loading...
Loading...