Selasa, 14 Agustus 2018 14:19 WITA

Nurdin Abdullah Mau Sewa Helikopter, Soni Sumarsono: Anggaran Sedang Defisit

Penulis: Azwar Basir
Editor: Mulyadi Abdillah
Nurdin Abdullah Mau Sewa Helikopter, Soni Sumarsono: Anggaran Sedang Defisit
Nurdin Abdullah (kiri) saat membantu evakuasi warga transmigran di Enrekang dengan menggunakan helikopter saat beberapa waktu lalu.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono menanggapi usulan Tim Transisi Gubernur Sulsel dan Wagub Sulsel terpilih Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman tentang pengajuan anggaran untuk menyewa helikopter.

Soni Sumarsono mengatakan, usulan tersebut merupakan hak dan kewenangan dari DPRD Sulsel untuk menolak atau menerima usulan tersebut. Pemprov Sulsel ikut dengan keputusan yang diambil oleh DPRD Sulsel. 

"Soal usulan pengadaan helikopter hak rakyat melalui DPRD Sulsel untuk menerima atau menolak, pasti semua ada pertumbuhannya," ujar Soni Sumarsono, pada Senin (13/8/2018) kemarin.

Salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan, yaitu Sulsel saat ini mengalami defisit anggaran. Apalagi APBD-P 2018 Sulsel tidak akan menambah anggaran. Dengan demikian, tidak memungkinkan jika pengadaan helikopter masuk dalam APBD-P. 

"Jika DPRD Sulsel menolak mungkin karena uangnya terbatas, anggaran sedang defisit misalnya seperti itu, atau mungkin tahunnya tidak tepat, tidak bisa tahun ini bisa tahun depan atau tidak sama sekali tidak," tuturnya. 

Dirjen Otoda Kemendagri ini kembali menegaskan, penyewaan helikopter seperti itu memiliki pertimbangan dari DPRD Sulsel jika harus menerima atau menolak. 

"Intinya semua tergantung dari DPRD Sulsel, Pemprov serahkan ke DPRD Sulsel menolak atau menerima," tutupnya.

Loading...

Diberitakan, Tim Transisi Gubernur-Wakil Gubernur Sulsel terpilih Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman mengajukan penyewaan helikopter untuk misi kemanusiaan. 

"Itu bukan untuk kepentingan pribadi Prof HM Nurdin Abdullah. Yang saya pahami Prof Nurdin Abdullah sangat memperhatikan kepentingan rakyat dan saya bisa jamin tidak pernah Prof memberatkan APBD," jelas Juru bicara (jubir) Gubernur Sulsel terpilih Nurdin Abdullah, Bunyamin Arsyad beberapa waktu lalu.

Menurut Bunyamin, helikopter itu untuk melengkapi sarana dan prasarana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan nantinya akan digunakan jika terjadi bencana alam. 

"Jangan sampai setelah ada bencana pemerintah dianggap tidak tanggap. Pemerintah dibilang terlambat. Pemerintah dianggap tidak peduli," ujarnya.

Dia menambahkan, Nurdin pernah mengatakan bahwa BNPB seharusnya dilengkapi helikopter, untuk pelayanan kemanusiaan secara cepat. 

Loading...
Loading...