Selasa, 14 Agustus 2018 14:06 WITA

Korupsi Dana Bantuan, Eks Ketua dan Sekertaris PNPM Kajang Jadi Tersangka

Penulis: Rahmatullah
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Korupsi Dana Bantuan, Eks Ketua dan Sekertaris PNPM Kajang Jadi Tersangka
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Kabupaten Bulukumba, menetapkan dua orang pengelolah UPK PNPM Mandiri dari Kecamatan Kajang, sebagai tersangka penyelengan anggaran.

Mereka adalah Muh Asri sebagai ketua UPK PNPM Mandiri Kajang dan sekertarisnya bernama Sahwan. Keduanya ditersangkakan sejak 3 Agustus 2018 lalu.

Kanit Tipikor Polres Bulukumba, Bripka Muhammad Ali mengatakan, penetapan tersangka kedua tersangkan berdasarkan hasil penyidikan dan hasil gelar perkara yang telah dilakukan di Polda Sulsel beberapa waktu lalu.

Berdasarkan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), kerugian negara dari perbuatan kedua tersangka yakni senilai Rp397 juta.

"Keduanya menyelewengkan dana PNPM Mandiri dari tahun 2016 hingga 2017 lalu," kata Ali, Selasa (14/8/2018).

Tipikor saat ini, menurut Ali, sedang mendalami lebih lanjut kasusu tersebut, karena tidak mentup kemungkinan akan menyeret nama lainnya sebagai tersangka.

Keduanya terancam dijerat pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana dirubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001, dengan hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Tags