Selasa, 14 Agustus 2018 09:20 WITA

Aktor Tampan Ini Ditangkap Usai Terlibat Kasus Penipuan Bitcoin

Editor: Andi Chaerul Fadli
Aktor Tampan Ini Ditangkap Usai Terlibat Kasus Penipuan Bitcoin

RAKYATKU.COM - Aktor populer di Thailand baru-baru ini ditangkap atas kasus dugaan penipuan Bitcoin senilai hampir satu miliar baht dalam bentuk mata uang kripto.

Jiratpisit "Boom" Jaravijit, yang dikenal untuk peran TV dalam serial populer seperti "Bad Romance The Series," "Nang Ai," dan "Naew Sutthai," dilaporkan bekerja dengan enam orang lain dalam memikat orang asing dari Finlandia untuk 787 juta baht Thailand (sekitar $ 24 juta) di Bitcoin dengan janji memulai bisnis mata uang digital bersama.

Korban yang diidentifikasi sebagai Aarni Otava Saarimaa, 22 tahun, mengajukan gugatan kepada otoritas Thailand pada 30 Januari lalu, Enam bulan setelah dia membuat kesepakatan dengan Jiratpisit dan antek-anteknya, dikutip dari The Nation, Selasa (14/8/2018).

"Geng ini memikat korban untuk mentransfer 5.564 bitcoin ke e-wallet, mengklaim pembayaran untuk saham tiga perusahaan, termasuk DNA 2002 Public Company Limited," ujar Divisi Penekanan Kejahatan, Mayor Jenderal Maitree Chimcherd. "Tapi dia (korban) tidak pernah menerima saham setelah melakukan transfer."

Chimcherd mengatakan, Bitcoin segera dikonversi ke dalam mata uang Thailand dan ditransfer ke rekening bank dari saudara kandungnya. Jumlah itu kemudian dibagi di antara anggota geng yang berbeda.

Setelah melakukan investigasi, polisi memperoleh surat perintah untuk aktor dan antek-anteknya, yang termasuk dua saudara kandungnya Parinya dan Supitcha. Empat tersangka lainnya dilaporkan pengusaha di Bursa Efek Thailand. 

Kepolisian setempat ‌menambahkan, aktor berusia 27 tahun itu pada hari Kamis di Mal Major Cineplex Ratchayothin di Bangkok, tempat ia dilaporkan sedang syuting untuk sebuah film.

Jiratpisit, yang dikenal dengan julukan "Boom," sejak itu telah dibebaskan dengan jaminan 2 juta baht Thailand (sekitar $ 60.000) dengan syarat ia tetap di Thailand. Sementara itu, aktor yang dituduh sebagai kaki tangan tetap bebas berkeliaran.

Kantor Anti-Pencucian Uang Thailand Judul dilaporkan telah menyita beberapa bidang tanah milik saudara Jiratpisit senilai lebih dari 200 juta baht ($ 6 juta) yang diyakini telah diperoleh dengan menggunakan hasil penipuan, laporan CCN .