Senin, 13 Agustus 2018 19:22 WITA

Serunya Ibu-ibu Suku Bajo Adu Tarik Tambang Perahu

Penulis: M. Qadri
Editor: Aswad Syam
Serunya Ibu-ibu Suku Bajo Adu Tarik Tambang Perahu
Suasana lomba tarik tambang perahu di Pulau Papan, Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah.

RAKYATKU.COM, PALU - Program pemberdayaan masyarakat kepulauan dalam festival internasional, digelar di Pulau Papan, Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Kegiatan ini tampak meriah. 

Permainan Suku Bajo seperti tarik tambang perahu, dilombakan untuk merebut hadiah jutaan rupiah, pada acara Togean Internasional Oceanic Festival (TIOF) 2018.

Teriakan ratusan penonton dari daratan maupun di atas perahu, membuat para peserta semakin semangat, dalam bertanding adu dayung perahu yang diikat dengan tali tambang.

Ibu-ibu yang dari sejumlah pulau di Kepulauan Togean yang mengikuti lomba, masing-masing berumur sekitar 40-50 tahun. Namun, umur tidak menjadi hambatan bagi para peserta untuk meriahkan rangkaian kegiatan TIOF 2018.

Dari catatan kepanitian, peserta lomba melibatkan masyarakat Kabupaten Poso, Ampana, Pulau Papan, Desa Kadoda, Pulau Kabalutan, dan Pulau Tiga.

Loading...

Kepala Desa Kadoda, Darwis menyampaikan, informasi adanya lomba tarik tambang di atas perahu ini, sudah diketahui sejak lama oleh masyarakat. Namun, tidak ada latihan khusus yang dilakukan, karena setiap harinya ibu-ibu di wilayah kepulauan turut mencari nafkah bersama suami untuk turun ke laut mencari ikan.

“Dayung mendayung sudah menjadi kegiatan sehari-hari masyarakat, sehingga terlihat seru dan menarik ketika dilombakan,” tuturnya.

Dalam pertandingan tersebut, juara satu diraih Pulau Kabalutan dan juara dua serta juara tiga diraih oleh tim Pulau Tiga.

Loading...
Loading...