Senin, 13 Agustus 2018 14:04 WITA

Trump Mendukung Boikot Terhadap Harley-Davidson

Editor: Suriawati
Trump Mendukung Boikot Terhadap Harley-Davidson
Getty Images

RAKYATKU.COM - Donald Trump mendukung banyak pemilik Harley-Davidson yang berencana memboikot perusahaan itu, jika memindahkan produksi sepeda motornya ke luar negeri.

Melalui Twitter, presiden AS menyebut boikot itu sebagai sesuatu yang hebat.

"Banyak pemilik @harleydavidson berencana memboikot perusahaan jika manufaktur pindah ke luar negeri. Hebat!" tulis Trump

"Sebagian besar perusahaan lain datang ke arah kami, termasuk para pesaing Harley. Langkah yang benar-benar buruk!"

Harley-Davidson menolak berkomentar tentang kritikan Trump. 

Ketegangan antara pemerintahan Trump dan Harley-Davidson telah berlangsung selama berbulan-bulan.

Ini dimulai ketika Trump memberlakukan tarif besar pada impor baja dan aluminium awal tahun ini. Uni Eropa menanggapi dengan berjanji untuk menaikkan tarif pada beberapa barang yang diimpor dari Amerika Serikat, termasuk sepeda motor Harley.

Harley mengatakan akan rugi sebanyak $100 juta per tahun, dan perusahaan berencana mengalihkan sebagian produksinya ke luar negeri, sehingga dapat menghindari tarif tambahan pada sepeda motor yang dijual di Uni Eropa.

Tapi Trump menuduh Harley menggunakan tarif pembalasan Eropa sebagai alasan untuk memindahkan manufaktur ke luar negeri. Presiden mengklaim perusahaan itu berencana mengalihkan beberapa operasi ke Thailand, bahkan sebelum tarif impor diumumkan.

Harley mengakui sudah memindahkan beberapa produksi ke luar negeri, tapi mengatakan bahwa memindahkan lebih banyak produksi ke luar negeri adalah "satu-satunya opsi berkelanjutan" dalam menghadapi perang dagang.