Senin, 13 Agustus 2018 13:10 WITA

KPU Sulsel Akomodir Kembali Bacaleg NasDem Dapil Luwu Raya

Editor: Mulyadi Abdillah
KPU Sulsel Akomodir Kembali Bacaleg NasDem Dapil Luwu Raya
Fatmawati Rahim

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan mengabulkan permohonan Partai NasDem Sulsel untuk mengakomodir kembali bakal calon legislatifnya di tingkat DPRD Sulsel dari Daerah Pemilih (Dapil) Luwu Raya alias XI.

Keputusan tersebut disepakati berdasarkan hasil mediasi yang antara KPU Sulsel dan NasDem Sulsel yang difasilitasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel, di Kantor Bawaslu Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, Senin (13/8/2018).

"Pada mekanisme mediasi ini kita terima berkas pemohon (Musda Mulia, Bacaleg NasDem Dapil 11), yaitu surat dari pengadilan tentang tidak pernah terpidana. Berkas itu sebenarnya pada pengajuan sebelumnya sudah ada, cuma ada kesalahan teknis," tutur Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sulsel, Fatmawati Rahim saat ditemui usai mediasi.

Kesalahan teknis yang dimaksud, menurut Fatmwati, yakni pada saat pengajuan ada dua dokumen yang disetor, yaitu surat dari pengadilan tidak pernah dipidana dan surat dari pengadilan yang berisi keterangan bahwa yang bersangkutan tidak dicabut hak pilihnya. 

"Pada saat dilihat ada dua surat, satunya ditarik. Antara verifikator dan LO (Liaison Officer) NasDem mengatakan bahwa itu dobel, tarik saja satu. Nah, yang ditarik itu yang surat tidak pernah terpidana padahal justru itu yang diminta bukan yang surat keterangan tidak dicabut hak pilihnya," jelas mantan Komisioner Bawaslu Sulsel ini.

Setelah dicek, menurut Fatmawati, dokumen tersebut benar adanya. Adapun tanggal surat dan substansi isi suratnya sesuai dengan ketentuan yang ada.

"Setelah kita mengecek benar ada dokumennya, tanggal dan substansi sama. Bahkan tanggalnya sama dengan berkas lainnya (yang disetor sebelumnya), maka kita melihat ada kesalahan teknis disitu yang tidak disengaja sehingga dalam mediasi ini kita terima permohonannya," tandasnya.

Setelah permohonan mediasi tersebut diterima, menurut Fatmawati, langkah selanjutnya Partai NasDem diminta untuk segera menyetor kembali berkas perbaikannya untuk kemudian diverifikasi secepatnya.

"Sekarang mereka tinggal menyerahkan lalu kita verifikasi kemudian kita akan melakukan perbaikan berita acara sebelumnya," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, NasDem Sulsel mengajukan permohonan mediasi ke Bawaslu Sulsel, Kamis (9/8/2018) lalum Hal tersebut dilakukan pasca KPU Sulsel menggugurkan seluruh bakal calon legislatif (Bacaleg) Partai NasDem untuk tingkat DPRD Provinsi di Daerah Pemilihan (Dapil) 11 Sulsel.

Alasannya, karena ada satu Bacaleg perempuan atas nama Musda Mulia yang dinyatakan berkasnya Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Sehingga, kuota perempuan di Dapil tersebut tidak mencukupi 30 persen sesuai dengan Peraturan KPU.

Dengan diterimanya permohonan mediasi tersebut, maka Musda Mulia dinyatakan kembali Memenuhi Syarat (MS). Dengan MS-nya Musda Mulia ini, otomatis kuota perempuan Partai NasDem di Dapil 11 terpenuhi kembali sehingga seluruh Bacaleg NasDem di Dapil tersebut tidak digugurkan.