Senin, 13 Agustus 2018 12:04 WITA

Terima Hasil Tes Kesehatan Malam Ini, KPU RI Langsung Umumkan?

Editor: Abu Asyraf
Terima Hasil Tes Kesehatan Malam Ini, KPU RI Langsung Umumkan?
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menyapa wartawan di sela-sela pemeriksaan kesehatan, Senin (13/8/2018).

RAKYATKU.COM - Tim dokter dijadwalkan menyerahkan hasil tes kesehatan calon presiden dan calon wakil presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, malam ini, Senin (13/8/2018). Akankah hasil tes itu langsung diumumkan kepada publik?

Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan, hasil tes kesehatan akan diserahkan tim dokter RSPAD Gatot Subroto dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Sebelum diserahkan, tim dokter menggelar rapat pleno terlebih dahulu.

Meski akan mengatahui hasilnya malam ini, KPU RI tidak akan langsung mengumumkan apakah pasangan capres-cawapres "mampu" atau "tidak mampu". Menurut Arief, pengumuman hasil tes kesehatan akan dilakukan bersamaan dengan pengumuman syarat lainnya. 

"Pengumumannya nanti, bersamaan dengan pemeriksaan syarat-syarat yang lain. Pemeriksaan kesehatan ini kan salah satu syarat di antara sekian banyak syarat," tutur Arief.

Bagaimana jika ada kandidat yang tidak lolos tes kesehatan? Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan menyebut, bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) bisa diganti jika dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) pada pemeriksaan kesehatan. 

Menurut Wahyu, bakal capres-cawapres dinyatakan TMS jika hasil pemeriksaan kesehatan menyatakan mereka tak lolos. 

"Kalau tes kesehatannya tak terpenuhi ya dia tidak memenuhi syarat sebagai bakal calon. Setelah dia tak memenuhi syarat, baru diganti," lanjut dia.

Menurut Wahyu, yang berhak untuk menentukan lolos atau tidaknya pemeriksaan kesehatan bakal capres-cawapres adalah pihak pemeriksa, yaitu Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Usai pemeriksaan kesehatan, IDI dan RSPAD akan menyampaikan hasilnya ke KPU. Selanjutnya, KPU akan mengumumkan hasil sekaligus menyatakan status pemeriksaan kesehatan itu ke publik.  

"Jadi yang memeriksa memang IDI dan RSPAD, tapi yang berwenang mengumumkan hasilnya itu KPU, karena ini pekerjaan KPU," jelas Wahyu.