Senin, 13 Agustus 2018 10:27 WITA

Jerman: Perang Dagang Trump Menghancurkan Pertumbuhan Ekonomi

Editor: Suriawati
Jerman: Perang Dagang Trump Menghancurkan Pertumbuhan Ekonomi
Donald Trump (UPI)

RAKYATKU.COM - Menteri Perekonomian Jerman mengkritik Presiden Trump atas kebijakan perdagangan AS, bahwa itu bisa menghancurkan kemajuan ekonomi.

"Perang perdagangan ini memperlambat dan menghancurkan pertumbuhan ekonomi, dan itu menciptakan ketidakpastian baru," kata Peter Altmaier, pada surat kabar Jerman Bild am Sonntag, dikutip Reuters.

Dia menambahkan bahwa konsumen paling menderita karena tarif impor yang lebih tinggi menyebabkan menaikkan harga produk.

Trump membuat frustrasi beberapa sekutu AS awal tahun ini ketika ia memberlakukan tarif impor, yang dimaksudkan untuk melindungi pekerjaan Amerika dari praktik perdagangan yang tidak adil.

Uni Eropa, Kanada dan lain-lain telah menanggapi dengan pembalasan yang sama pada beberapa barang AS. Hal ini memicu perang dagang selama berbulan-bulan.

Ditambah lagi, Trump telah memberlakukan sanksi pada Iran, yang juga menargetkan perusahaan-perusahaan Eropa yang melakukan bisnis dengan negara itu.

Tapi Altmaier mengatakan bahwa Jerman dan sekutu Uni Eropa akan terus mendukung perusahaan yang melakukan bisnis dengan Iran meskipun ada tekanan dari AS.

"Kami tidak akan membiarkan Washington mendikte kami dengan siapa kami dapat melakukan bisnis dan oleh karena itu kami tetap pada Perjanjian Nuklir Wina sehingga Iran tidak dapat membangun senjata atom," kata Altmaier.

"Perusahaan Jerman harus diizinkan untuk terus berinvestasi di Iran sebanyak yang mereka inginkan dan pemerintah Jerman sedang mencari cara bersama dengan sekutu Eropanya untuk memastikan bahwa transaksi keuangan masih bisa terjadi," tambahnya.