Minggu, 12 Agustus 2018 23:09 WITA

Hasil Uji Kelayakan 160 Calon Anggota Bawaslu se-Sulsel Disetor ke Bawaslu RI

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Hasil Uji Kelayakan 160 Calon Anggota Bawaslu se-Sulsel Disetor ke Bawaslu RI

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan telah mengirimkan hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) 160 calon anggota Bawaslu kabupaten/kota se Sulsel  ke Bawaslu RI.

"Semua hasil tes uji kelayakan dan kepatutan yang kami lakukan di Sulsel sudah kami kirim ke Bawaslu RI kemarin (Sabtu, 11/8/2018)," tutur Komisioner Bawaslu Sulsel, Azry Yusuf saat dikonfirmasi, Minggu (12/8/2018).

Menurut Azry, penentuan siapa yang akan terpilih menjadi anggota Bawaslu kabupaten/kota definitif sepenuhnya menjadi domain Bawaslu RI. Bawaslu RI akan menentukan calon yang terpilih melalui pemeringkatan berdasarkan hasil fit and proper test yang dilakukan oleh Bawaslu Sulsel.

"Tinggal sekarang menjadi domain sepenuhnya pusat. Yang jelas dalam penilaian ada rangkingnya. Banyak hal yang menjadi penilaian, seperti kecakapan berbahasa, menguasai materi yang diberikan dan lain-lain," ungkapnya.

Sekadar diketahui, 160 calon anggota Bawaslu Sulsel yang namanya disetor ke Bawaslu RI tersebut telah mengikuti fit and proper test sejak tanggal 6-9 Agustus lalu.

Jika tahapan seleksi sebelumnya dilakukan oleh Tim Seleksi (Timsel), khusus tahapan uji kelayakan dan kepatutan ini diambil alih oleh Bawaslu Sulsel.