Minggu, 12 Agustus 2018 18:23 WITA

Prabowo Calon Ideal di Polling Fahri, Begini Kata Golkar dan PAN

Editor: Aswad Syam
Prabowo Calon Ideal di Polling Fahri, Begini Kata Golkar dan PAN
Fahri Hamzah memberi hormat kepada Presiden Jokowi.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Fahri Hamzah menggelar jajak pendapat atau polling terkait calon presiden ideal di akun Twitter-nya, @Fahrihamzah, hari ini. Ada 10 versi polling yang diselenggarakan Fahri. Soal calon ideal, Prabowo keluar sebagai pemenang. Di sisi lain, Jokowi menang sebagai calon paling tidak ideal.

Polling tersebut pun disikapi berbeda dua partai pendukung bakal capres, PAN dan Golkar.

PAN yang berada di barisan pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, menyebut polling Twitter Fahri Hamzah soal Pilpres 2019 yang menjadikan Prabowo calon paling ideal, bisa jadi sesuai kenyataan. PAN menganggap polling yang dilakukan Fahri bukan bayaran.

"Kalau yang dibuat Pak Fahri kelihatannya independen. Tidak bayar dan murni ingin melihat pendapat followers-nya di Twitter," ujar Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay, sebagaimana dilansir Detik, Minggu (12/8/2018).

Saleh tak ingin berpendapat secara ilmilah soal polling Fahri. Yang jelas, kata dia, polling Fahri sangat mudah dipahami.

"Saya tidak mau komentari dari sisi metodologi. Saya hanya melihat secara simpel dari hasilnya yang sangat mudah dibaca," ucap Saleh.

Jajak pendapat seperti yang dilakukan Fahri, sebut Saleh, banyak dilakukan berbagai pihak. Selain pihak pendukung, jajak pendapat juga bisa dilakukan mereka yang secara politik independen. 

Pembaca kata Saleh, boleh saja menerima atau menolak. Yang pasti, menurut Saleh, dirinya yakin akan ada banyak pihak yang melakukan survei dan polling seperti yang dilakukan Fahri Hamzah.

Sementara itu, Partai Golkar tak menanggapi serius hasil tersebut. "Ah, itu kan Twitter-nya Fahri Hamzah. Followers-nya kan penggemar dia saja. Tidak merepresentasikan keseluruhan pemilih Indonesia. Kebanyakan yang milih itu ya haters-nya Pak Jokowi," ujar Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily, kepada Detik, Minggu (12/8/2018). 

Ace menegaskan, dirinya tak terlalu serius menyikapi polling Fahri. Ace lalu memberi perumpamaan soal polling.

"Jadi tak perlu ditanggapi secara serius polling Fahri Hamzah ini. Kalau polling yang dilakukan Ali Mochtar Ngabalin pasti yang menang Jokowi, he...he...he...?" sebut Ace.

Berikut ini dua polling Fahri Hamzah soal calon ideal dan calon tidak ideal: 

Polling 4
Calon paling ideal (pemilih: 5.349)
Jokowi: 14%
Prabowo: 66%
Ma'ruf: 2%
Sandi: 18%

Polling 5 
Calon paling tidak ideal (pemilih: 6.700)
Jokowi: 51%
Prabowo: 9%
Ma'ruf: 30%
Sandi: 10%