Minggu, 12 Agustus 2018 17:44 WITA

Pengunjung Sulsel Expo Bisa Curhat Masalah Keluarga di Stan DPPPA Sulsel

Editor: Aswad Syam
Pengunjung Sulsel Expo Bisa Curhat Masalah Keluarga di Stan DPPPA Sulsel
Klinik Puspaga yang dihadirkan DPPPA Sulsel di lokasi Sulsel Expo 2018 di CCC.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kehadiran stan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Sulsel, pada event Sulsel Expo 2018 di gedung CCC, mendapat perhatian dari kalangan pengunjung, khususnya wanita.

Pasalnya dalam stan itu terdapat dua layanan masyarakat, yakni Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga). 

Pendamping Klien P2TP2A, Risman Usman mengatakan, setiap pengunjung yang mengunjungi stan DPPPA Sulsel, bisa melakukan konseling keluarga. Termasuk konsultasi soal fenomena sosial, utamanya yang dihadapi anak maupun perempuan. Mulai dari maraknya kasus kekerasan baik fisik, psikis maupun seksual. 

"Setiap layanan ada konselingnya masing-masing. Jika memang ada pengunjung yang kebetulan mengadukan masalahnya dan memang membutuhkan pendampingan, kami siap mendampingi," jelasnya, Minggu (12/8/2018).

Menurutnya, tak sedikit masyarakat yang belum mengetahui tentang prosedur pengaduan masalah kekerasan  perempuan dan anak. Untuk itu, melalui event ini, ia berharap masyarakat luas bisa mengetahui tentang berbagai layanan yang dihadirkan P2TP2A dan Puspaga.

"Selama di sini (CCC) sudah banyak yang melakukan konseling. Mudah-mudahan masyarakat luas bisa lebih mengenal dan mengetahui lagi soal layanan yang dihadirkan, dengan harapan bisa menekan angka kekerasan perempuan dan anak di Sulsel ini," terangnya.

P2TP2A adalah unit pengaduan di bawah DPPPA Sulsel yang melayani pengaduan permasalahan kekerasan perempuan dan anak, serta anak yang berkonflik dengan hukum di daerah. Kantornya berada di Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Nomor 259, Makassar.

Sementara Puspaga yakni sebuah layanan yang berbasis konseling keluarga dan parenting, termasuk perihal kanker serviks dan kanker payudara. Kantornya sendiri terletak di Jalan Andi Djemma, nomor 55, Makassar.

Seperti diketahui, Perhelatan Sulsel Expo ini hanya berlangsung lima hari saja, mulai 8-12 Agustus. Jadi, jika ingin melakukan pengaduan atau konsultasi, masyarakat bisa menyambangi kantor P2TP2A secara langsung.