Minggu, 12 Agustus 2018 13:35 WITA

Semarak Hari UMKM, Siswa YESS Ikuti Selling Competition

Editor: Abu Asyraf
Semarak Hari UMKM, Siswa YESS Ikuti Selling Competition
Dalam rangka memperingati hari UMKM Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Agustus, puluhan siswa Young Entrepreneur School Sulsel (YESS) mengikuti lomba menjual atau selling competition produk-produk UMKM.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Dalam rangka memperingati hari UMKM Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Agustus, puluhan siswa Young Entrepreneur School Sulsel (YESS) mengikuti lomba menjual atau selling competition produk-produk UMKM.

Kegiatan ini digelar di car free day (CFD) pantai Losari, Minggu (12/8/2018). Selain agar generasi muda lebih cinta terhadap produk lokal, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menjual siswa sebagai bagian inti kewirausahaan.

Fasilitator YESS,Bahrul ulum menyebutkan, selain semarak hari UMKM Nasional, kegiatan ini dimaksudkan pula sebagai ajang pengembangan karakter kewirausahaan. 

”Kegiatan ini kami laksanakan dengan pertimbangan bahwa salah satu prasyarat sebelum jadi pengusaha adalah mengetahui seluk beluk penjualan. Berapa banyak orang mampu memproduksi tetapi tidak mampu menjual, dan orang yang mampu menjual bisa tetap eksis di bisnisnya,” ujarnya.

Peserta kegiatan siswa YESS membentuk tim selanjutnya mereka berlomba menjual produk UMKM sebanyak-banyaknya dalam waktu yang telah ditentukan.

“Sebelum menjual, peserta akan dibekali materi seputar “Selling” atau seni menjual selanjutnya tim menyusun rencana dan strategi penjualan untuk diaplikasikan secara kreatif di lapangan” tambahnya.

Sementara itu, Fasilitator YESS lainnya, Andi Gadis menuturkan, YESS selalu memberi perhatian dan dukungan penuh terhadap pengembangan kewirausahaan.

"kami terus mendorong generasi muda untuk berjiwa dan mempunyai semangat entrepreneur utamanya dalam mengembangkan ide-ide kreatif, inovatif serta semangat untuk mempraktekkan ide-ide mereka ke dunia usaha atau bisnis," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, setiap peserta saling mencerigakan pengalaman saat memulai usahanya. Disamping itu, banyak cerita menarik diungkap peserta, mulai dari bagaimana ditolak pembeli, bagaimana berkreasi dengan berbagai media promosi dan bagaimana komunikasi yang baik untuk mendapatkan konsumen. 

"Kami merasa sangat senang punya pengalaman melaksanakan praktek menjual yang merupakan salah satu hal fundamental dalam menjalankan bisnis," ujar slah satu peserta.

Berita Terkait