Minggu, 12 Agustus 2018 10:25 WITA

China Tunda Pembongkaran Masjid Besar di Weizhou

Editor: Suriawati
China Tunda Pembongkaran Masjid Besar di Weizhou
Foto: AP

RAKYATKU.COM - Pihak berwenang di China utara telah menunda pembongkaran sebuah masjid besae, setelah ribuan orang menyatakan protes.

Para pengunjuk rasa mulai berkumpul di dekat masjid di kota Weizhou di wilayah Ningxia utara, pada hari Kamis menjelang pembongkaran yang dijadwalkan pada hari Sabtu.

Video yang dipasang di media sosial dalam beberapa hari terakhir menunjukkan pengunjuk rasa berkumpul di depan gedung, sementara polisi dengan perisai anti huru-hara berdiri.

Dengan memegang bendera Tiongkok, mereka duduk diam di atas tangga bangunan.

Lalu, pada hari Sabtu, seorang pejabat lokal membaca dokumen yang mengatakan bahwa pemerintah akan menunda pembongkaran masjid. Setelah itu, demonstran mulai bubar.

"Pemerintah mengatakan itu adalah bangunan ilegal, tapi tidak. Masjid ini memiliki sejarah beberapa ratus tahun," kata seorang pemilik restoran bernama Ma kepada AFP.

Menurut dokumen pemerintah, masjid itu dibangun kembali selama dua tahun terakhir, tapi proses perizinannya tidak dikelola dengan hati-hati. Akibatnya, beberapa pejabat menerima "peringatan serius" dari komite disiplin lokal.

Dalam proses renovasiya, bangunan berubah dari gaya China (yang sebelumnya menampilkan atap ubin yang mirip dengan kuil Buddha) menjadi desain Arab, yang memiliki kubah.

Dokumen itu mengatakan bahwa jika gedung tidak dibongkar sendiri pada hari Jumat (10/08/2018) maka pemerintah akan meruntuhkannya.

Islam adalah salah satu dari lima agama yang diakui secara resmi di China, dengan populasi sekitar 23 juta orang.