Senin, 16 Juli 2018 15:25 WITA

Masuki Tahap II, Ini Komposisi Pembangunan Masjid 99 Kubah di 2018

Penulis: Azwar Basir
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Masuki Tahap II, Ini Komposisi Pembangunan Masjid 99 Kubah di 2018
Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Sulsel, Andi Darmawan Bintang.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pembangunan Masjid 99 Kubah di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) terus digenjot oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Kini masjid yang rencananya akan menjadi salah satu masjid unik di Indonesia ini memasuki pembangunan tahap dua. Dengan alokasi anggaran sebesar Rp71 miliar. 

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (DSDA-CKTR) Sulsel, Andi Darmawan Bintang menjelaskan, berdasarkan perencanaan pembangunannya, Masjid rancangan Ridwal Kamil ini dikerjakan dalam tiga tahap. Dengan anggaran keseluruhan mencapai Rp170 miliar.

Untuk tahap I dengan anggaran tahun 2017 berkisar Rp60 miliar khusus untuk pembangunan 42 kubah kecil dan 1 kubah utama. Lalu, tahap dua mencapai Rp71 miliar. Dan sisanya akan berlanjut di tahun 2019 untuk tahap finishing.

Andi Darmawan mengatakan untuk tahap dua ini, pembangunan akan merampungkan konstruksi kubah masjid.

"Kan 99 kubah. Ini masih ada yang belum selesai. Kubah sekitar 50-an yang akan kita bangun lagi di 2018. Termasuk kubah-kubah kecil di bagian bawah. Insya Allah, tahun ini rampung semua konstruksi kubah," ucapnya. 

Selain konstruksi kubah, dalam komposisi pembangunan tahap kedua juga akan ada pengerjaan interior masjid, dinding, plafon, lantai, tempat wudhu, hingga pembangunan parkir basement.

"Jadi bagian internal masjid, termasuk lantai dikerjakan tahun ini di tahap dua. Bukan parkir luar, ya. Tapi parkir basement. Insya allah 2018 sudah tertutup semua (kubah), termasuk lantainya," tutupnya.