Sabtu, 11 Agustus 2018 14:23 WITA

"Berdiri untuk Lagu Kebangsaanmu, Atau Gajimu Ditunda," Trump Mengomel, Pemain Ngambek 

Editor: Aswad Syam
Lynch tampak saat lagu kebangsaan AS, sementara pemain lainnya berdiri. Itu bentuk protes Lynch atas penghinaan Donald Trump.

RAKYATKU.COM, WASHINGTON - Pemain Rugby, Oakland Raiders, Marshawn Lynch duduk selama lagu kebangsaan di sebuah pertandingan pada hari Jumat, sebagai bentuk protes atas penghinaan yang dilakukan Presiden AS, Donald Trump terhadap dirinya.

Pemain rugby berusia 32 tahun itu, duduk di bangku tim selama pembuka pramusim mereka melawan Detroit Lions, hanya beberapa jam setelah Donald Trump men-tweet ketidaksetujuannya terhadap pemain yang berlutut selama pertandingan Kamis.

Lynch adalah satu-satunya pemain dari timnya yang melakukannya, sementara seluruh pemain Lions berdiri sejajar dengan lengan berkait. 

Lynch telah duduk selama musim lalu. Dia berdiri terutama selama lagu Meksiko di Mexico City tahun lalu. Donald Trump menuntut, ia diskors dari sisa pertandingannya musim itu.

Presiden menyerang pemain NFL yang berlutut di tweet pada hari Jumat, yang diisi perjuangannya dengan atlet profesional berdemonstrasi selama lagu kebangsaan.

Trump mengklaim dalam sebuah tweet, bahwa para pemain marah tentang sesuatu yang kebanyakan dari mereka tidak dapat definisikan, dalam sebuah pernyataan ironis yang meremehkan alasan mereka, yang dinyatakan kebrutalan polisi terhadap dan kesetaraan bagi Afrika-Amerika.  

Dia mengolok-olok pemain NFL yang memprotes selama pertandingan pramusim pada hari Kamis, mengatakan kepada mereka, "Berbahagialah, menjadi keren!"

"Temukan cara lain untuk protes. Berdiri dengan bangga untuk Lagu Kebangsaan Anda atau Ditangguhkan Tanpa Bayaran!" ujar Trump.

Sebanyak 15 pemain dari lima tim - Miami Dolphins, Philadelphia Eagles, Seattle Seahawks, Jacksonville Jaguars dan Baltimore Ravens - ditunjukkan selama pemutaran The Star-Spangled Banner.

Dua pemain berlutut, tiga mengangkat tinju mereka, delapan baik berjalan dari lapangan atau tinggal di ruang ganti, satu menempatkan lengannya di bahu rekan, satu tim yang memprotes dan yang lain berdiri dengan punggungnya.

Trump mencaci mereka atas perilaku mereka dalam pesan-pesan Jumat pagi, yang mengisyaratkan dia juga siap untuk membuat protes sebagai isu jangka panjang.

Loading...

"Para pemain NFL, berlutut ketika mereka harus berdiri dengan bangga untuk Lagu Kebangsaan. Banyak pemain, dari tim yang berbeda, ingin menunjukkan "kemarahan" mereka pada sesuatu yang kebanyakan tidak dapat mereka definisikan. Mereka membuat keberuntungan melakukan apa yang mereka sukai," kata pesan pertama.

Sebuah tweet tindak lanjut mengarahkan para pemain untuk, "Berbahagialah, jadilah keren! Sebuah pertandingan sepak bola, bahwa penggemar membayar begitu banyak uang untuk menonton dan menikmati, tidak ada tempat untuk protes." 

“Sebagian besar uang itu masuk ke pemain. Temukan cara lain untuk protes. Berdiri dengan bangga untuk Lagu Kebangsaan Anda atau Ditangguhkan Tanpa Bayaran!"

Protes NFL telah secara konsisten menarik kemarahan Presiden Trump, yang bulan lalu mengatakan pemain yang berlutut lebih dari sekali harus dilarang untuk musim ini.

"Pertama kali berlutut, keluar untuk bermain. Kedua kalinya berlutut, keluar untuk musim dengan gaji tak dibayar!" katanya dalam pesan 20 Juli. 

Liga dan serikat pemain, belum mengumumkan kebijakan musim untuk berlutut setelah liga mundur pada urutan, bahwa pemain harus berdiri di perhatian selama pemutaran The Star-Spangled Banner atau tetap di ruang ganti.

Pemain dan tim yang menolak untuk menghormati aturan baru melihat denda yang curam. 

Trump mengecam komisi USD40.000.000 dari Komisaris NFL Roger Goodell, karena gagal menghentikan gerakan di tweet Juli, yang datang sehari setelah NFL mengatakan itu tidak terbatas menangguhkan, itu aturan kebangsaan.

"The National Anthem Debate Debate masih hidup dan baik lagi - tidak bisa dipercaya! Bukankah dalam kontrak pemain harus berdiri dengan perhatian, menyerahkan hati?" Kata Trump. "Komisi senilai USD40.000.000 sekarang harus berdiri. Pertama kali berlutut, keluar untuk bermain game. Kedua kalinya berlutut, keluar untuk musim/tidak dibayar!" 

Loading...
Loading...