Jumat, 10 Agustus 2018 20:04 WITA

Senin, Bawaslu Mediasi KPU Sulsel dan NasDem Soal Bacaleg yang Digugurkan

Editor: Aswad Syam
Senin, Bawaslu Mediasi KPU Sulsel dan NasDem Soal Bacaleg yang Digugurkan
Amrayadi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan, telah menetapkan jadwal sidang mediasi antara pihak KPU Sulsel dan pihak NasDem Sulsel. Sidang mediasi terkait digugurkannya bakal calon legislatif (Bacaleg) Partai NasDem tingkat provinsi di Dapil 11 tersebut, akan digelar Senin (13/8/2018) mendatang.

"Mediasinya akan dilakukan pada hari Senin mendatang. Pukul 10.00 Wita," ungkap Komisioner Divisi Pengawasan Pemilu Bawaslu Sulsel, Amrayadi, saat dikonfirmasi Rakyatku.com, Jumat (10/8/2018).

Menurut Amrayadi, sidang mediasi tersebut akan menghadirkan KPU Sulsel selaku pihak termohon, dan pengurus Partai NasDem Sulsel selaku pihak pemohon.

"Akan hadir pihak pemohon dan termohon. Sidangnya dalam bentuk sidang tertutup," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Partai NasDem Sulsel mengajukan permohonan mediasi ke Bawaslu Sulsel, Kamis (9/8/2018) kemarin. Hal tersebut dilakukan pasca KPU Sulsel menggugurkan seluruh bakal calon legislatif (Bacaleg) Partai NasDem untuk tingkat DPRD Provinsi, di Daerah Pemilihan (Dapil) 11 Sulsel.

Alasannya, karena ada satu Bacaleg perempuan atas nama Musda Mulia yang dinyatakan berkasnya Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Sehingga, kuota perempuan tidak mencukupi 30 persen sesuai dengan Peraturan KPU.

Dalam sidang mediasi nantinya, pihak Bawaslu Sulsel hanya bertindak sebagai mediator. Keputusan tetap merupakan hasil kesepakatan kedua belah pihak.