Sabtu, 11 Agustus 2018 04:30 WITA

China Uji Pesawat Hipersonik, Bisa Salip Amerika Serikat

Editor: Andi Chaerul Fadli
China Uji Pesawat Hipersonik, Bisa Salip Amerika Serikat

RAKYATKU.COM - China telah berhasil menguji pesawat hipersonik baru, potensi "senjata pemicu hipersonik" yang suatu hari nanti bisa membawa hulu ledak nuklir. 

The Xingkong-2 (Starry Sky-2) hypersonic eksperimental waverider kendaraan yang dirancang oleh China Academy of Aerospace Aerospace di Beijing dapat dilaporkan mencapai kecepatan tertinggi enam kali kecepatan suara.

Selama tes baru-baru ini, dilakukan Jumat lalu di lokasi yang tidak ditentukan di barat laut Cina, pesawat ini pertama kali dibawa oleh roket padat bertenaga multistage sebelum dipisahkan untuk bergantung pada propulsi independen - dikatakan telah mempertahankan kecepatan di atas Mach 5.5 selama 400 detik .

Kecepatan maksimum dilaporkan Mach 6 atau 4.600 mil per jam (7.400 km / jam), menurut China Daily yang dikelola negara .

Kendaraan berbentuk baji itu membuat beberapa manuver ketinggian tinggi dan sudut besar pada ketinggian maksimum sedikit di atas 18 mil. Pesawat kemudian mendarat di daerah yang ditargetkan sebagaimana dimaksud, dengan pengamat menggembar-gemborkan tes sebagai "sukses besar."

Sebuah waverider adalah jenis pesawat hipersonik yang menunggangi gelombang kejut yang dihasilkan selama penerbangan hipersonik. Rasio angkat-ke-seret supersonik ditingkatkan melalui proses yang dikenal sebagai kompresi angkat.

Kecepatan, serta lintasan penerbangan yang tidak dapat diprediksi, dari kendaraan-kendaraan ini membuat mereka sangat sulit bagi sistem pertahanan yang ada untuk mencegat.

"Mengumumkan tes yang sukses kepada publik menunjukkan bahwa China pasti telah membuat terobosan teknologi dengan senjata itu," kata ahli militer China dan komentator Song Zhongping kepada Global Times yang sangat nasionalis , menambahkan, "Hasil tes menunjukkan bahwa China memajukan bahu untuk bahu dengan AS dan Rusia. "

Seperti Cina, Amerika Serikat dan Rusia telah bereksperimen dengan berbagai sistem kendaraan hipersonik.

Rusia, misalnya, diharapkan untuk menyebarkan kendaraan hipersonik boost-glide Avangardnya pada rudal balistik antar-benua Sarmat negara itu dalam tahun depan atau lebih.

Kemajuan Cina di bidang ini sangat mengkhawatirkan bagi AS, karena bukti menunjukkan bahwa pengembangan sistem ini adalah prioritas tingkat negara bagian.

"Jika Anda melihat beberapa pesaing sejawat kami, China menjadi satu, jumlah fasilitas yang mereka bangun untuk melakukan hipersonik ... melebihi jumlah yang kami miliki di negara ini. Ini dengan cepat mengunggulinya sebanyak 2 atau 3 kali. Sangat jelas bahwa China telah menjadikan ini sebagai prioritas nasional mereka, "kata direktur DARPA Steven Walker kepada Defense One pada bulan Maret.

"Kita harus melakukan hal yang sama."

Proyek AS termasuk Hypersonic Technology Vehicle 2 dan rudal hipersonik yang dapat diluncurkan dari pesawat perang AS.

Pesawat hipersonik baru China diperkirakan akan dimasukkan melalui pengujian tambahan pada kecepatan yang dipercepat ke depan. Tes pertama ini "telah meletakkan dasar teknologi yang solid untuk aplikasi teknik desain waverider," China Academy of Aerospace Aerodinamika mengatakan dalam sebuah pernyataan, menurut dengan South China Morning Post .

China telah menguji kendaraan hipersonik meluncur sejak 2014, tapi ini adalah pesawat hipersonik pertama yang menggunakan teknologi waverider. Pengamat ahli menduga bahwa desain tersebut masih tiga hingga lima tahun lagi dari senjata.

Tags