Kamis, 09 Agustus 2018 23:10 WITA

KPU Sidrap: Bacaleg TMS Bisa Diganti, Ini Syaratnya

Penulis: Darwis Pantong
Editor: Nur Hidayat Said
KPU Sidrap: Bacaleg TMS Bisa Diganti, Ini Syaratnya
Alimuddin Baharuddin.

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidrap mulai menyusun daftar calon anggota legislatif sementara (DCS) untuk Pemilu 2019.

Divisi Teknis dan Logistik KPU Sidrap, Alimuddin Baharuddin, mengatakan bagi partai politik (parpol) yang memiliki bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang masuk kategori Tidak Memenuhi Syarat (TMS) bisa mengajukan figur pengganti untuk dimasukkan di DCS.

“Bacaleg yang boleh diganti adalah yang meninggal dunia, terbukti sebagai mantan narapidana karena kasus korupsi, terlibat kejahatan seksual pada anak, dan bandar narkoba,” lontar Alimuddin Baharuddin, Kamis (9/8/2018).

Disebutkannya, penyusunan DCS ini dilakukan setelah pihak KPU Sidrap merampungkan verifikasi berkas perbaikan bacaleg. "Pengumuman DCS akan dilakukan pada tanggal 12 sampai 14 Agustus 2018," kata Alba, panggilan akrab Alimuddin Baharuddin.

Menurut dia, setelah DCS ini nantinya dirilis ke publik, masyarakat diminta untuk memberikan masukan dan tanggapan terkait figur bacaleg tersebut sebelum Daftar Caleg Tetap (DCT) diumumkan pada 20 September 2018 mendatang.

Dilaporkan sebelumnya, sejumlah bacaleg dari tujuh parpol di Sidrap dinyatakan TMS. Para bacaleg tersebut berasal dari PKB, PDIP, Berkarya, PAN, Hanura, Demokrat, dan PBB. 

"Kesempatan untuk memperbaiki dokumen sudah kami berikan dan batas waktunya sudah berakhir, maka dinyatakan TMS," papar Alba.

Dia mengatakan, setelah verifikasi dilakukan, tidak ada lagi kompensasi masa perbaikan diberikan kepada seluruh bacaleg yang TMS tersebut.

“Kecuali jika parpol yang bersangkutan melakukan gugatan ke Panwaslu Kabupaten dan gugatannya diterima,” papar Alba.